Apa itu Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Serta Apa Bedanya dalam Novel, Cerpen, Puisi, dan Drama

May 29, 2023
Category: Creative
[sgmb id=2]

Unsur intrinsik dan ekstrinsik adalah unsur-unsur yang sangat berpengaruh pada suatu cerita, baik secara langsung maupun tidak langsung. Tapi, masih banyak penulis, terutama penulis pemula, yang tidak memahami perbedaan dari unsur intrinsik dan ekstrinsik dan bentuknya pada suatu cerita. 

Untuk benar-benar memahami perbedaan dari unsur intrinsik dan ekstrinsik, mari kita ulas semua seputar unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik, dimulai dari definisinya. Simak di bawah ini!

Definisi Unsur Intrinsik dan Unsur Ekstrinsik

Baik unsur intrinsik maupun ekstrinsik merupakan komponen yang sangat penting dalam suatu karya sastra, baik novel, cerpen, puisi, drama, maupun karya sastra lainnya. Mari kita ulas satu persatu makna dari unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik.

  1. Unsur Intrinsik

Unsur intrinsik adalah berbagai unsur di dalam suatu karya sastra yang berperan langsung dalam pembentukan cerita itu sendiri. Contoh dari unsur intrinsik adalah tokoh, alur, plot, latar waktu, dan latar lokasi.

  1. Unsur Ekstrinsik

Secara garis besar, unsur ekstrinsik adalah unsur-unsur di luar cerita atau karya tulis, namun tetap mempengaruhi bentuk atau isi karya itu sendiri. Contoh dari unsur ekstrinsik adalah latar belakang sosial penulis, sudut pandang politik penulis, dan biografi penulis.

Ciri-Ciri Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik

Tentunya unsur intrinsik dan ekstrinsik memiliki ciri-ciri yang berbeda. Berikut adalah penjelasan ciri-ciri masing-masing unsur dan cara mudah untuk melihatnya ketika membaca suatu cerita atau karya sastra lainnya.

  1. Unsur Intrinsik

Menurut Rachmat Djoko Pradopi, ciri-ciri unsur intrinsik meliputi pikiran, perasaan, genre sastra, gaya bahasa, gaya penceritaan, dan struktur karya sastra. Agar Anda bisa melihat unsur intrinsik suatu cerita dengan mudah, perhatikan unsur-unsur di dalam cerita yang ditulis, seperti tokoh dan latar cerita. Biasanya, unsur-unsur ini yang bisa Anda bayangkan menggunakan panca indera Anda.

  1. Unsur Ekstrinsik 

Ada tiga unsur utama, yaitu latar belakang penulis, latar belakang masyarakat, dan nilai-nilai yang terkandung di dalam cerpen. Untuk mempermudah Anda dalam melihat unsur ekstrinsik pada suatu cerita, Anda bisa melihat unsur-unsur atau aspek-aspek dari karya yang tidak merupakan unsur langsung dari cerita.

Perbedaan Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik

Setelah memahami definisi dan ciri-ciri dari masing-masing unsur, mari kita bahas perbedaan antara unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik. Secara garis besar, ada beberapa perbedaan utama dari unsur intrinsik dan ekstrinsik, yaitu:

  • Unsur intrinsik berpengaruh langsung ke cerita, sedangkan unsur ekstrinsik tidak berpengaruh langsung kepada cerita tapi tetap memiliki peran yang penting.
  • Unsur ekstrinsik dapat dilihat secara gamblang di cerita, sedangkan unsur ekstrinsik tidak selalu terlihat jelas dan butuh riset lebih lanjut.
  • Unsur ekstrinsik ada di dalam cerita, sedangkan unsur ekstrinsik tidak ada langsung di dalam cerita.

Meskipun sangat berbeda, unsur intrinsik dan ekstrinsik saling berkaitan dan perlu terjahit dengan rapi agar cerita yang Anda tulis bisa menjadi cerita yang menarik untuk dibaca.

Ayo Belajar Menulis Bersama Dee Lestari di Kelas Menulis Kaizen Writing di Kuncie!

Yuk belajar menulis dengan salah satu penulis ternama Indonesia, Dee Lestari! Bersama Kuncie, Dee Lestari membuka kelas penulisan dengan metode penulisan yang kerap digunakannya, yaitu Metode Kaizen Writing. Kaizen, perbaikan kecil yang dilakukan berkesinambungan, adalah prinsip yang dijalani, diyakini dan diterapkan oleh Dee Lestari dalam menulis. 

Nantinya, di kelas ini Dee Lestari akan menunjukkan tahap-tahap yang ia lakukan ketika menulis, hal apa saja yang perlu dicermati ketika berproses, dan berbagai perbaikan yang bisa diterapkan agar kemampuan menulis Anda terus bertumbuh.

Kelas Kaizen Writing Dee Lestari ini terbuka untuk umum. Jadi, siapa pun Anda dan di level apa pun kemampuan Anda menulis, Anda bisa belajar menulis bersama salah satu penulis terbaik Indonesia!

Kelas Kaizen Writing Dee Lestari ini terbuka untuk umum, dan kali ini, Kuncie membuka pendaftaran untuk 2 batch kelas sekaligus! Simak detailnya di bawah ini!

  • Kelas Kaizen Writing batch 9

Penutupan Pendaftaran : 30 Juli 2023

Periode Kelas : 31 Juli – 5 Agustus 2023

  • Kelas Kaizen Writing batch 10

Penutupan Pendaftaran : 30 November 2023

Periode Kelas : 31 Oktober – 4 November 2023

Ayo kembangkan kemampuan menulis Anda bersama salah satu penulis terbaik Indonesia, Dee Lestari!

Referensi:

  • https://www.gramedia.com/literasi/unsur-ekstrinsik-novel-dan-cerpen/
  • https://penerbitdeepublish.com/unsur-intrinsik-dan-ekstrinsik-novel-cerpen-puisi-dan-drama/
  • https://www.gramedia.com/literasi/unsur-intrinsik-cerpen/ 
  • https://vocasia.id/blog/apa-itu-unsur-ekstrinsik/ 
  • https://katadata.co.id/intan/berita/61c1deae57cf6/pengertian-ciri-dan-contoh-unsur-intrinsik-dalam-cerpen 

Artikel Terkait

Komentar