Tips & Trik untuk Jadi Penulis yang Lebih Baik

May 5, 2023
Category: Creative
[sgmb id=2]

Kemampuan menulis bisa datang dari bakat maupun kemampuan yang diasah. Namun yang pasti, ada beberapa hal yang harus dimiliki seorang penulis andal. Keterampilan menulis yang baik adalah bagian dari seni komunikasi ide cerita yang efektif.

Seiring dengan berkembangnya zaman, seni komunikasi pun terus berubah. Maka dari itu, Anda pun perlu untuk terus mengasah dan memperbarui kemampuan menulis Anda.  Yuk simak trik dan tips menjadi penulis yang baik agar tulisan Anda bisa lebih berkualitas lagi!

Ciri-ciri Penulis yang Baik

Sebelum membahas tips dan trik menjadi penulis yang baik, mari kita ulas ciri-ciri penulis yang baik. Penulis yang baik membuat konten atau tulisan yang mudah dibaca. Maksudnya adalah penulis yang baik bisa menggali potensi terbaik dalam menulis melalui kalimat-kalimat yang koheren.

Seluruh ide-ide penulis yang baik dapat disusun secara kohesif dan dapat disampaikan secara terstruktur sehingga pembacanya bisa memahami tulisan dengan mudah. Selain itu, penulis yang baik juga menggunakan bahasa lugas yang melibatkan dan menghibur pembaca.

Hal-hal yang Menjadikan Seseorang Sebagai Penulis yang Baik

Seperti yang sudah dibahas sedikit di atas, ada beberapa hal yang menjadikan seseorang penulis yang baik. Keempat hal ini membantu pembaca memahami karya tulis dengan lebih mudah, sekaligus membantu penulis dalam proses penyampaian informasi atau cerita dalam bentuk tulisan.

Simak penjelasannya di bawah ini!

1.     Kejelasan

Seorang penulis harus bisa menjelaskan dan mengelaborasi suatu topik dengan baik. Tujuannya agar pembaca hasil karya bisa memahami topik atau cerita yang ingin disampaikan.

2.     Keteraturan

Struktur tulisan sangat memengaruhi keterbacaan tulisan tersebut. Itulah mengapa tulisan Anda perlu dibuat dengan struktur yang rapi. Dengan struktur yang lebih rapi, pembaca tulisan Anda bisa memahami topik secara runut dari awal hingga akhir.

3.     Risiko

Pengambilan risiko oleh seorang penulis bisa membuat hasil karyanya lebih tajam, kritis, dan menarik. Risiko yang dimaksud bisa dalam bentuk sudut pandang yang kontroversial, topik yang jarang dibahas, bahkan elemen cerita yang tak terduga.

4.     Kegigihan

Kegigihan adalah kunci kesuksesan penulis. Dengan kegigihan, penulis bisa mendapatkan materi yang tepat sebagai bahan menulis, membahas topik yang unik dan menarik, dan menulis dengan kata-kata yang tepat untuk menggugah pembaca.

Karakteristik Penulis yang Baik

Setelah melihat faktor-faktor yang menjadikan seseorang sebagai penulis yang baik, mari kita lihat karakteristik penulis yang baik! Simak contoh-contohnya di bawah ini!

  1. Memiliki kemampuan untuk merencanakan konten
  2. Mampu menghubungkan kumpulan konten agar koheren
  3. Dapat mengungkapkan ide dengan jelas
  4. Dapat mengurai informasi di kepala mereka
  5. Membaca dengan dalam
  6. Berani mengedit karya berulang-ulang

Tips Menjadi Penulis yang Lebih Baik

tips menjadi penulis
Sumber: Unsplash

Ingin menjadi seorang penulis yang lebih baik dan mengembangkan kemampuan menulis Anda? Simak beberapa tips berikut yang bisa membantu Anda memperbaiki gaya menulis Anda dalam karya cerpen, novel, script film, dan lainnya agar lebih bisa dinikmati oleh pembaca!

1.     Tentukan apa yang ingin Anda tulis

Menentukan apa yang ingin Anda tulis sejak awal akan membantu Anda membuat tema serta kerangka, dan melakukan riset yang tepat untuk menulis.

2.     Latihan menulis

Latihan menulis sangat underrated. Dengan latihan menulis, Anda bisa memperbaiki kemampuan menulis Anda. Bahkan, Anda juga bisa mengikuti kelas pelatihan menulis yang diadakan sastrawan Indonesia berpengalaman agar mendapatkan gambaran bagaimana cara menghasilkan karya tulis dengan kualitas yang lebih baik.

3.     Nikmati proses menulis

Menikmati proses menulis bisa membantu Anda menghasilkan karya tulis yang lebih berkualitas. Mulai dengan membaca tulisan-tulisan orang lain yang bisa memancing otak untuk menulis.

4.     Bereksperimen

Bereksperimen dan mencoba hal baru bisa menjadi cara bagi Anda untuk me-refresh otak dan menulis hal unik.

5.     Tentukan waktu menulis yang teratur

Menulis sedikit demi sedikit tapi rutin dan terus menerus tentu lebih baik daripada tidak menulis sama sekali. Maka dari itu, jadwalkan waktu setiap hari untuk menulis agar Anda tetap produktif.

6.     Bacalah lebih banyak buku

Seperti yang sudah disebut di atas, membaca buku bisa membantu Anda mendapatkan ide baru untuk menulis, serta memancing otak untuk menulis dengan gaya yang lebih menarik.

7.     Tentukan wadah untuk menyimpan semua tulisanmu

Menyimpan tulisan-tulisanmu di satu media yang sama bisa membantu Anda melihat kemajuan atau perkembangan keterampilan menulis Anda. Anda bisa menyimpannya dalam bentuk buku, ditulis oleh tangan, atau dalam bentuk digital.

Dalam bentuk digital pun Anda bisa menyimpannya dalam bentuk file luring/daring atau mem-post-nya di salah satu platform digital yang tersedia gratis.

8.     Minta teman atau rekan untuk membaca tulisan Anda

Meminta teman atau rekan untuk membaca tulisan Anda adalah cara mudah dan cepat mendapatkan feedback untuk tulisanmu. Dengan feedback yang objektif, Anda bisa memperbaiki dan mengembangkan kemampuan menulis Anda ke arah yang tepat.

9.     Catatlah semua ide yang Anda dapatkan

Ide yang disimpan di otak bisa cepat hilang. Maka dari itu, Anda perlu mencatat semua ide yang Anda dapatkan di notes atau buku catatan agar bisa diingat kembali ketika Anda sedang menulis.

10.  Kirim tulisan ke media atau penerbit

Mirip dengan meminta teman membaca karya Anda, mengirimkan karya tulis Anda ke media atau penerbit membantu Anda mendapatkan perspektif baru dalam menulis. Tak hanya itu, siapa tahu tulisan Anda cukup menarik untuk diterbitkan oleh media atau penerbit tersebut!

11.  Jangan menyerah

Jangan menyerah! Dengan menyerah, Anda tidak akan mendapatkan apa-apa. Tapi, ketika Anda melangkah dan belajar, meski perlahan-lahan, hasilnya akan muncul di akhir!

12.  Cari mentor menulis

Ketika mengembangkan kemampuan, seorang mentor sangatlah penting. Hal ini pun bahkan ketika Anda ingin mengembangkan kemampuan menulis. Carilah mentor yang tidak hanya memiliki kemampuan menulis yang mumpuni, tapi juga memiliki kemampuan untuk membimbing Anda belajar.

Misalnya, memilih mentor yang merupakan penulis dengan karya-karya yang sudah terbukti kualitasnya, seperti Ayu Utami, Leila S. Chudori, Dee Lestari, Eka Kurniawan, dan banyak lagi.

Dapatkan Tips Menjadi Penulis Andal di Kelas Menulis Kaizen Writing dengan Dee Lestari!

Ingin menjadi penulis yang baik? Yuk belajar menulis metode Kaizen Writing dengan salah satu penulis ternama Indonesia, Dee Lestari!

Kaizen, perbaikan kecil yang dilakukan berkesinambungan, adalah prinsip yang dijalani, diyakini, dan diterapkan oleh Dee Lestari dalam menulis. Di kelas yang diadakan bersama Kuncie ini, Dee Lestari akan menunjukkan tahap-tahap yang ia lakukan ketika menulis, hal apa saja yang perlu dicermati ketika berproses, dan berbagai perbaikan yang bisa diterapkan agar kemampuan menulis Anda terus bertumbuh.

Kali ini, Kuncie membuka pendaftaran untuk 2 batch kelas sekaligus! Simak detailnya di bawah ini!

  • Kelas Kaizen Writing batch 9

Penutupan Pendaftaran          : 30 Juli 2023

Periode Kelas                         : 31 Juli – 5 Agustus 2023

  • Kelas Kaizen Writing batch 10

Penutupan Pendaftaran          : 30 November 2023

Periode Kelas                         : 31 Oktober – 4 November 2023

Kelas Menulis Kaizen Writing bersama Dee Lestari ini terbuka untuk umum dan akan mengulas metode penulisan yang cocok bagi siapa pun yang berada di level kepenulisan mana pun. Jadi, jika Anda adalah seorang pemula, tidak masalah! Anda tetap bisa belajar menulis bersama salah satu penulis terbaik Indonesia!

Ayo kembangkan kemampuan menulis Anda di Kelas Kaizen Writing bersama Dee Lestari!

Referensi:

https://copyblogger.com/remarkable-writing/
https://www.masterclass.com/articles/what-makes-a-good-writer-explained
https://www.shopback.co.id/katashopback/tips-untuk-menjadi-penulis-pemula

Artikel Terkait

Komentar