Teknik Marketing Paling Efektif untuk Diterapkan

February 3, 2023
Category: Marketing
[sgmb id=2]

Era digital yang semakin berkembang membuat masyarakat punya akses yang mudah akan keterbukaan informasi. Hal ini tentunya sangat mempengaruhi cara para pebisnis untuk mempromosikan produk atau jasanya. Terlebih, era digital punya pengaruh yang sangat signifikan dalam hal persaingan antar pebisnis.

Dengan keterbukaan informasi, setiap pebisnis harus mampu membuktikan bahwa produk dan jasanyalah yang terbaik. Selain memastikan kualitas produk dan jasa, melakukan pemasaran dengan teknik marketing yang benar bisa sangat membantu. Perlu diingat bahwa produk yang dipasarkan dengan cara yang baik akan mendapatkan respon yang baik pula.

Tak heran jika banyak perusahaan yang menganggarkan dana besar hanya untuk kegiatan marketing. Agar perusahaanmu tidak menggelontorkan dana secara sia-sia, yuk pelajari teknik marketing apa yang paling efektif untuk kamu terapkan di perusahaanmu. Baca sampai habis artikel ini agar tidak salah dalam mengambil langkah!

Apa itu Marketing?

Marketing atau pemasaran adalah suatu proses di mana perusahaan menciptakan, mengkomunikasikan, menyampaikan, dan menawarkan pertukaran yang memiliki nilai bagi pelanggan yang mereka sasar. Marketing juga dapat didefinisikan sebagai promosi produk atau jasa oleh organisasi yang ditujukan langsung kepada pelanggan yang ditargetkan.

Motif utama dari dilakukannya sebuah kegiatan marketing adalah untuk membujuk orang untuk mempercayai produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan, lalu pada akhirnya membeli, dan menjadi pelanggan setia.

ilustrasi teknik marketing

6 Jenis Marketing

Setelah memahami apa itu marketing, kamu perlu mempelajari apa saja jenis-jenis marketing itu sendiri. Ada beragam jenis-jenis marketing yang biasa dilakukan oleh perusahaan-perusahaan dalam mempromosikan produk atau jasanya, di antaranya:

1. Social Network and Viral Marketing

Jenis marketing ini pada dasarnya menggunakan media sosial atau jejaring sosial yang ada sebagai media penyampaian informasi. Konten-konten yang disajikan dibuat semenarik mungkin agar pengguna media sosial secara organik membagikannya kembali di akun mereka, sehingga memperluas visibilitas konten tersebut.

2. Advertising

Advertising adalah pemasaran menggunakan media berbayar untuk mendapatkan traffic.

3. Internet Marketing

Internet marketing adalah sebuah bentuk pemasaran produk atau jasa secara online dengan menggunakan tools seperti website dan email untuk mendapatkan leads, mendorong traffic, serta meningkatkan penjualan.

4. Direct Selling

Direct Selling menggunakan cara marketing lama yang mengandalkan kegiatan tatap muka dengan pelanggannya.

5. Public Relation

Lewat Public Relation, perusahaan bisa mendapatkan publikasi secara gratis. Selain itu, Public Relation juga dianggap sebagai bentuk pemasaran yang paling terpercaya dan kredibel.

6. Sales Promotion

Seperti yang kita semua ketahui, banyak perusahaan yang menawarkan promosi dan diskon tambahan untuk suatu produk kepada pelanggannya. Nah, hal itu termasuk ke dalam jenis marketing Sales Promotion.

Baca Juga: Memahami Matriks Pertumbuhan BCG dan Cara Menggunakannya

Teknik Marketing yang Efektif

Pemahaman mengenai marketing telah didapatkan, begitu juga dengan jenis-jenis marketing. Pertanyaan selanjutnya, bagaimana sih caranya mengaplikasikan jenis-jenis marketing di atas agar tepat sasaran dan menghasilkan? Jawabannya tentu dengan mengaplikasikan teknik marketing yang efektif.

Gak perlu repot-repot mencari informasi teknik marketing kesana-kemari. Kuncie sudah merangkum 7 teknik marketing yang efektif untuk kamu terapkan. Ayo, simak di bawah ini!

1. Content Driven

Konten telah terbukti menjadi hal yang diperhitungkan di era digital dan media sosial. Terlebih di masa pandemi di mana semua orang banyak menghabiskan waktunya dengan scrolling media sosial. Bukan lagi rahasia ketika konten yang tayang di media sosial merupakan konten bagus dan layak, maka akan diakui dan diterima dengan baik oleh masyarakat.

Sayangnya, masih banyak perusahaan yang mengandalkan aset edukasi untuk meningkatkan awareness dan membangun kepercayaan target pelanggannya. Padahal, menggunakan konten yang menarik perusahaan bisa terlibat lebih dekat dengan pelanggannya.

Konten yang bagus bahkan dapat membuat perusahaan menjadi viral dan melipatgandakan keuntungan dalam semalam. Namun perlu dicatat, bahwa konten yang buruk dapat merusak reputasi perusahaan dalam sekejap. Perusahaan akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk dapat kembali membangun reputasinya. 

2. Pesan Personalisasi

Konten marketing yang dibuat dengan metode personalisasi, cenderung akan menanamkan kedekatan dan ikatan khusus antara pelanggan dengan perusahaan. Pesan-pesan seperti itu juga memberikan kesan eksklusif kepada penerimanya. Alhasil kesan yang baik akan menempel di benak pelanggan.

3. Kreativitas

Kecanggihan dunia digital bahkan sudah sampai di titik di mana media pencarian dan media sosial sudah mampu membaca konten-konten seperti apa yang relevan dan menarik bagi penggunanya. Oleh karena itu, kreativitas sangat dibutuhkan dalam hal ini agar mampu menarik minat audiens untuk mengkonsumsi konten yang diproduksi. 

4. Riset

Riset bisa menjadi pondasi yang kuat dalam proses brainstorm ide-ide kreatif untuk produksi konten. Hasil riset yang dijadikan landasan akan menghasilkan konten yang informatif, lebih produktif, lebih berinput, dan lebih tepat. Hasilnya, 

5. Update Berkala

Jangan pernah melupakan konten yang sudah dipublikasikan. Perbarui selalu informasi yang terkandung di dalamnya agar dapat terus menghasilkan traffic dan pelanggan baru.

6. Kontribusi Pelanggan

Memungkinkan pelanggan untuk turut berkontribusi dalam konten kamu akan membawa banyak manfaat bagi kedua belah pihak. Hal ini dapat dilakukan dengan me-repost postingan pelanggan atau bahkan memungkinkan pelanggan untuk menampilkan artikelnya di halaman blog perusahaan. 

7. SEO

Tujuan utama dari SEO adalah meningkatkan traffic website. Dengan mengoptimasi SEO, visibilitas perusahaan akan meningkat karena sering muncul di urutan atas pencarian.

Sekarang, kamu jadi lebih tahu kan teknik marketing apa yang efektif untuk dilakukan? Masih ingin belajar banyak hal mengenai marketing dan bisnis? Ikutan Mini MBA dari Kuncie, yuk!

Lewat Mini MBA kamu bisa mendapatkan ilmu manajemen bisnis dengan fokus pada pengembangan bisnis. Kurikulumnya mengajarkan seputar leadership, strategi, pelanggan, dan performa bisnis, lho! Metode belajarnya juga seru, ada Self Guided Learning, Live Class & Experential Learning, Case Study, dan Action Learning Project.

Ayo daftar Mini MBA di sini!

Referensi:

https://www.analyticssteps.com/blogs/most-effective-marketing-techniques

Artikel Terkait

Komentar