50+ Shortcut Microsoft Excel Beserta Fungsi dan Tujuannya

[sgmb id=2]

Tentunya kamu sudah tidak asing lagi dengan Microsoft Excel. Aplikasi satu ini marak digunakan di perusahaan-perusahaan sebagai salah satu aplikasi pengolah data yang paling bisa diandalkan. Namun, aplikasi ini sering menjadi sumber ketakutan karena terkenal sulit digunakan. Padahal, Microsoft Excel dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang bisa membantumu menggunakan aplikasi ini dengan lebih mudah. Salah satunya adalah shortcut Microsoft Excel.

Shortcut Excel adalah salah satu penyelamat yang bisa kamu andalkan ketika kamu menggunakan aplikasi Microsoft Excel. Tapi, sebelum kita melihat berbagai jenis pintasan keyboard yang bisa kamu gunakan di Microsoft Excel, mari kita bahas definisi dan fungsi dari fitur satu ini! 

Apa itu Shortcut Excel?

Shortcut adalah tombol pintasan di keyboard yang diaktifkan dengan cara menekan dua atau lebih tombol secara bersamaan untuk memunculkan fitur tertentu. Dengan adanya shortcut, kamu bisa memunculkan fitur, berbagai fungsi rumus Excel, ataupun bernavigasi di dalam aplikasi Microsoft Excel dengan lebih mudah tanpa menggunakan mouse. Kamu tinggal menekan tombol-tombol yang sesuai dan fitur yang dibutuhkan akan langsung keluar.

Fungsi Shortcut Excel

Shortcut Excel menjadi salah satu fitur yang paling diandalkan pengguna aplikasi Microsoft Excel karena banyak alasan, yaitu:

  • Meningkatkan kecepatan & efektivitas
  • Mengurangi waktu kerja 
  • Dapat digunakan hanya dengan keyboard 
  • Tidak harus mencari fitur satu persatu 

Jenis-Jenis Shortcut Excel

Ada banyak shortcut yang bisa kamu manfaatkan ketika kamu bekerja menggunakan Microsoft Excel di Windows. Secara keseluruhan, berbagai shortcut ini terbagi menjadi empat jenis berdasarkan kegunaannya. Mari kita bahas masing-masing jenisnya beserta contohnya satu persatu!

1. Shortcut Excel untuk Workbook

Jenis yang pertama adalah untuk mengelola dan mengubah workbook pada Microsoft Excel. Secara singkat, shortcut-shortcut berikut membantu kamu menyimpan, mengubah, mengatur, membuka, dan menutup file Microsoft Excel baru ataupun yang sudah ada di dalam komputermu. Mari simak contoh shortcut-nya di sini!

shortcut excel workbook
Shortcut Excel untuk Workbook

2. Shortcut Excel untuk Format Cell

Fungsi lain dari shortcut adalah untuk mengubah format satu atau lebih cell di dalam dokumen yang sedang kamu buka. Yuk cek jenis-jenis shortcut-nya!

shortcut excel
Shortcut Excel untuk Format Cell

3. Shortcut Excel untuk Format Baris dan Kolom

Selain untuk mengubah format cell, shortcuts juga bisa digunakan untuk mengatur format baris dan kolom di dokumen Microsoft Excel. Simak lengkapnya di sini!

shortcut baris dan kolom
Shortcut Excel untuk Format Baris dan Kolom

4. Shortcut Excel untuk Pivot Table

Shortcut di Microsoft Excel juga bisa membantumu mengolah data dengan Pivot Table. Pivot Table adalah cara canggih untuk menghitung, meringkas, dan menganalisis data yang memungkinkan Anda melihat perbandingan, pola, dan tren dalam data kamu. 

Yuk cek shortcut yang bisa membantumu menggunakan Pivot Table di Microsoft Excel.

pivot
Shortcut Excel untuk Pivot Table

Belajar Microsoft Excel Bersama Kuncie dan MyEduSolve!

Shortcut bukan satu-satunya trik agar kamu bisa memakai Microsoft Excel dengan lebih mudah. Ada banyak tips dan trik lainnya agar kamu bisa mengoptimalkan Microsoft Excel dalam bekerja atau mengolah data lainnya. Jika kamu ingin belajar lebih lanjut, Kelas Microsoft Excel lah solusinya!

Kelas Microsoft Excel ini merupakan hasil kolaborasi Kuncie dengan MyEduSolve. Di sini, kamu akan belajar komponen, cara menggunakan, dan tips Microsoft Excel dari ahlinya. Tak hanya itu, di akhir rangkaian kelas, kamu akan mendapatkan sertifikat sebagai tanda bahwa kamu sudah ahli menggunakan Microsoft Excel!

Yuk daftar Kelas Microsoft Excel dari Kuncie dan MyEduSolve dan kembangkan skill Microsoft Excel-mu!

Referensi:

https://www.kelasexcel.id/p/shortcut-excel.html
https://www.simplilearn.com/tutorials/excel-tutorial/excel-shortcuts 
https://www.kelasexcel.id/p/shortcut-excel.html 
https://support.microsoft.com/en-us/office/keyboard-shortcuts-in-excel-1798d9d5-842a-42b8-9c99-9b7213f0040f 
https://trumpexcel.com/pivot-table-shortcuts/ 

Artikel Terkait

Komentar