Risiko Kurangnya Pelatihan Karyawan di Tempat Kerja

[sgmb id=2]

Tak banyak perusahaan yang paham akan pentingnya pelatihan karyawan. Padahal, pelatihan karyawan adalah aspek yang bisa menentukan loyalitas dan kinerja karyawan.

Usut punya usut, banyak karyawan yang mengundurkan diri karena merasa tidak punya ruang untuk berkembang atau mengembangkan diri mereka. Bahkan, banyak yang merasa perusahaan tidak mendukung mereka untuk berkembang atau belajar hal baru, sehingga memilih untuk meninggalkan zona nyaman dan belajar hal baru. Padahal, hal ini bisa diatasi oleh perusahaan dengan sangat mudah, yaitu dengan mengadakan pelatihan karyawan.

Sebelum merencanakan pelatihan karyawan untuk diadakan di perusahaan Anda, ada beberapa hal yang wajib Anda ketahui, termasuk dampak dan cara meningkatkannya. Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Hal yang Perlu Diperhatikan Seputar Pelatihan Karyawan

Meski terkesan remeh, pelatihan karyawan adalah suatu elemen penting dalam perusahaan. Selain berdampak positif bagi karyawan, pelatihan juga berdampak positif bagi perusahaan, meski terkadang secara tidak langsung. Apa saja yang perlu diperhatikan seputar pelatihan karyawan? Berikut pembahasannya.

  1. Baik Perusahaan Maupun Karyawan Butuh Pelatihan Karyawan

Bagi perusahaan, pelatihan adalah suatu bentuk investasi dan apresiasi bagi karyawannya. Dampaknya adalah karyawan lebih loyal dan dapat bekerja dengan lebih baik. Bagi karyawan, pelatihan merupakan kesempatan untuk meningkatkan keterampilan, dengan harapan karier yang lebih cemerlang atau gaji yang lebih baik

  1. Karyawan Kadang Merasa Disengaged di Tempat Kerja

Karyawan yang disengaged atau merasa tidak memiliki koneksi dengan tempat kerjanya membutuhkan motivasi ekstra. Pelatihan kerja dapat mengasah loyalitas pegawai terhadap tempat kerjanya.

  1. Investasi di Program Orientasi 

Program orientasi atau onboarding adalah salah satu hal paling penting. Dengan program onboarding yang tepat, karyawan tidak akan kesulitan bekerja meski baru saja bergabung. 

  1. Prioritaskan Mempertahankan Karyawan Anda

Dengan pelatihan karyawan, Anda dapat menunjukkan bahwa Anda memprioritaskan karyawan yang sudah bergabung di perusahaan Anda. Ini menunjukkan bahwa loyalitas Anda terhadap mereka pun dibalas dengan loyalitas yang sama.

  1. Meningkatkan Transfer Ilmu atau Pembelajaran

Pembelajaran sangatlah penting jika Anda ingin perusahaan Anda berkembang. Hal ini karena karyawan Anda juga harus ikut berkembang bersama perusahaan Anda. Pelatihan adalah media yang sangat tepat untuk meningkatkan transfer ilmu atau pembelajaran antar karyawan.

  1. Buat Program Pelatihan yang Efektif agar Hemat Dana

Pelatihan yang tidak efektif hanyalah membuang uang karena ilmu yang dibutuhkan diterima oleh karyawan, namun biaya sudah dikeluarkan oleh perusahaan. Maka dari itu, apabila Anda akan membuat program pelatihan karyawan, pastikan Anda sudah menyusun program yang tepat dan bekerja sama dengan pihak-pihak yang sudah berpengalaman.

Dampak Pelatihan Karyawan

Pelatihan adalah suatu komponen yang penting dalam pengembangan sumber daya manusia dan penjagaan tingkat kebahagiaan karyawan. Ada beberapa alasan mengapa ketiadaan pelatihan dapat berdampak negatif terhadap perusahaan dan karyawan. Simak penjelasannya di bawah ini!

  1. Pelatihan Dapat Meningkatkan Kebahagiaan Karyawan 

Pelatihan dapat meningkatkan kebahagiaan karyawan karena karyawan akan merasa memiliki kesempatan untuk berkembang di ruang yang aman dan serta memiliki kepuasan kerja yang lebih baik. 

  1. Melatih dan Mempertahankan Karyawan Lebih Hemat Daripada Mencari Karyawan

Mempertahankan karyawan tentunya lebih rendah biaya dibandingkan mencari karyawan baru. Maka dari itu, Anda perlu memberikan karyawan-karyawan Anda ruang untuk tumbuh dan berkembang agar mereka merasa lebih betah di perusahaan Anda.

  1. Karyawan yang Terlatih Mendorong Peningkatan Kinerja

Dengan meningkatnya kapasitas dan kualitas kerja karyawan, produktivitas dan kinerja karyawan pun akan meningkat.

  1. Pelatihan yang Efektif Dapat Meningkatkan Produktivitas

Pelatihan yang tepat sasaran dapat memperbaiki proses kerja dan hasil kerja karyawan. Alhasil, produktivitas tim pun meningkat!

  1. Tanpa Pelatihan, Lingkungan Kerja Menjadi Tidak Aman

Pelatihan karyawan, terutama pelatihan keselamatan, dapat meningkatkan keamanan lingkungan kerja. Tanpa pelatihan, kemampuan karyawan untuk menjaga keamanan di lingkungan kerja pun menurun.

  1. Pelatihan Dapat Menekan Turnover Rate Karyawan

Seperti yang sudah dijelaskan, salah satu alasan mengapa karyawan mengundurkan diri adalah karena tidak ada ruang untuk berkembang dan tidak adanya prospek karier yang lebih positif. Dengan pelatihan, karyawan memiliki kesempatan untuk meningkatkan keterampilan dan kapasitas kerjanya, sehingga memiliki kesempatan berkarier yang lebih positif.

Cara Mengatasi Kurangnya Pelatihan di Tempat Kerja

Kurangnya pelatihan di tempat kerja adalah sesuatu yang patut Anda perhatikan dengan lebih detail. Namun, tentu mengatasi hal ini tidak semudah itu. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kurangnya pelatihan di tempat kerja, yaitu:

  1. Mendorong diskusi seputar pengembangan kapasitas

Diskusi seputar program pengembangan kapasitas atau keterampilan karyawan tentu menjadi cara paling cepat untuk memantik kebutuhan akan pelatihan di tempat kerja. Dengan adanya diskusi tersebut, Anda dapat melihat kebutuhan akan pelatihan yang benar-benar dicari oleh karyawan.

  1. Membuat rencana pengembangan pribadi

Program personal development plan atau rencana pengembangan pribadi juga menjadi cara untuk melihat kebutuhan akan pelatihan di tempat kerja. Melalui cara satu ini, Anda bisa menyusun program pelatihan yang memang fokus untuk mengembangkan kemampuan individual.

  1. Membedakan pelatihan wajib dengan pelatihan opsional

Dengan membedakan pelatihan wajib dengan pelatihan opsional, Anda bisa meningkatkan partisipasi karyawan di program-program pelatihan. Namun, pastikan bahwa pelatihan wajib yang Anda susun benar-benar sesuai target kebutuhan karyawan Anda, dan pelatihan opsional adalah pelatihan yang tidak krusial namun tetap bermanfaat bagi karyawan. 

  1. Memberikan kesempatan pembelajaran melalui eLearning

Bagi karyawan yang memiliki jam kerja ketat, opsi pembelajaran melalui eLearning adalah kesempatan yang sangat berharga. Hal ini karena karyawan dapat menyesuaikan jadwal pelatihan dengan kegiatan bekerja, sebab karyawan tidak harus hadir secara fisik di pelatihan. Karyawan juga dapat menonton kembali rekaman kelas yang tersedia apabila ia tidak bisa hadir di kelas tersebut.

Tingkatkan Pelatihan Karyawan Bersama Kuncie!

Ingin meningkatkan kualitas dan kuantitas pelatihan karyawan yang mengakomodasi kebutuhan perusahaan dan karyawan? Kuncie punya solusinya!

Kuncie bekerjasama dengan berbagai ahli untuk menyediakan program-program pelatihan yang tak hanya mengembangkan hard skill karyawan Anda, tapi juga soft skill dan pengetahuan lainnya agar kualitas sumber daya manusianya meningkat.

Ada tiga program pelatihan dari Kuncie yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda, yaitu:

  • FlexiLearn Solutions

Dapatkan video belajar berkualitas yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Dengan pelatihan pegawai ini, peserta dapat menikmati fleksibilitas belajar kapan saja dan di mana saja. 

Materi dalam program FlexiLearn Solutions dapat disusun sesuai kebutuhan karyawan Anda. Sehingga, mereka dapat berproses sesuai timing masing-masing untuk meningkatkan performa dan skill tanpa harus mengorbankan produktivitas kerja.

  • LeaderSolve Solutions

Pelatihan khusus bersama pengajar dan praktisi ahli dari universitas ternama seperti SBM ITB dan UGM. Program ini bertujuan untuk mengasah kemampuan kepemimpinan level manager dalam mengelola tim, serta membuat dan mengimplementasikan strategi. 

Dengan LeaderSolve Solutions, Anda bisa menciptakan pemimpin yang efektif dan kompeten bagi masa depan perusahaan.

  • CareerBoost Solutions

Pelatihan untuk menambah dan memperkuat skillset karyawan agar dapat menguasai bidang-bidang yang sangat dibutuhkan oleh industri masa kini. Misalnya untuk mengasah skill teknis seperti pelatihan data analytics.

Dengan CareerBoost Solutions, Anda dapat menggali potensi pertumbuhan karier karyawan Anda dengan cepat, efektif, dan terarah.

Masing-masing program dilengkapi dengan materi pembelajaran yang komprehensif dan kurikulum yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Kuncie juga

 telah mencetak talenta profesional terlatih dengan skillset yang mumpuni di bidangnya masing-masing!

Ayo kembangkan kualitas karyawan Anda bersama Kuncie!

Referensi:
https://www.shiftelearning.com/blog/the-true-cost-of-not-providing-employee-training
https://www.highspeedtraining.co.uk/hub/lack-of-training-in-the-workplace/

Artikel Terkait

Komentar