Apa Bedanya Quality Assurance dan Quality Control?

March 16, 2023
Category: Tech
[sgmb id=2]

Dewasa ini, persaingan antar produk untuk memenangkan hati para konsumen terasa makin gencar terjadi. Tiap bisnis berlomba-lomba menghadirkan inovasi baru, yang sebelumnya mungkin tidak terpikirkan akan hadir di tengah-tengah kita.

Ada bisnis yang berhasil menciptakan kepuasan pelanggan, namun tak jarang juga yang berakhir dengan kegagalan. Pertanyaannya, apa sih rahasia dari terciptanya produk yang berkualitas hingga mampu menciptakan kepuasan pelanggan?

Ya, salah satunya adalah penerapan Quality Assurance dan Quality Control yang merupakan bagian dari rencana pengelolaan mutu. Pelaksanaan QA dan QC yang efektif, akan memberikan kontribusi yang besar bagi keberhasilan produk.

Kamu mungkin bingung, apa bedanya Quality Assurance vs Quality Control. Hal ini wajar terjadi karena pada dasarnya, Quality Assurance dan Quality Control memiliki tujuan yang sama, yakni menjamin kualitas dari suatu produk. Yang membedakan adalah pendekatan yang diterapkan oleh masing-masing proses ini dalam memastikan pelanggan menerima produk berkualitas tinggi.

Agar tidak bingung lagi, yuk kita gali bersama perbedaan antara Quality Assurance vs Quality Control!

Apa itu Quality Assurance?

Quality assurance adalah turunan dari manajemen kualitas. Quality Assurance melibatkan serangkaian aktivitas dan prosedur, yang terjadi ketika produk sedang dalam tahap pengembangan. Tujuan utama dari proses Quality Assurance sendiri ialah membantu memastikan bahwa produk telah memenuhi standar kualitas yang mendekati sempurna ketika dirilis di hadapan publik.

Quality Assurance Engineer melakukan berbagai aktivitas dalam proses Quality Assurance, termasuk membahas, merencanakan, dan melaksanakan pengujian guna memverifikasi kualitas produk. Semua tugas tersebut dilakukan oleh Quality Assurance Engineer.

Apa itu Quality Control?

Quality control adalah bagian dari Quality Assurance. Dalam proses Quality Control, tim yang terlibat akan berfokus pada mengidentifikasi kekurangan produk (menghindari cacat produk) lalu memperbaikinya. Pada dasarnya, Quality Control adalah sebuah proses yang bersifat reaktif dan bertujuan untuk mendeteksi kesalahan. Yang terpenting, Quality Control harus dijalankan setelah proses Quality Assurance selesai dilakukan.

Perbedaan Quality Assurance vs Quality Control

Akhirnya sampailah kita pada pembahasan inti mengenai perbedaan Quality Assurance vs Quality Control. Langsung saja lihat perbedaannya yang telah Kuncie rangkum pada tabel di bawah ini.

Perbedaan Quality Assurance dan Quality Control
Perbedaan Quality Assurance dan Quality Control

Persamaan Quality Assurance dan Quality Control

Tak heran bila banyak orang yang menganggap bahwa Quality Assurance dan Quality Control adalah dua hal yang sama. Pasalnya, kedua proses ini punya banyak persamaan yang seringkali membuat kita kebingungan membedakannya.

Apa saja perbedaannya? Simak pembahasan di bawah ini!

1.    Memastikan Produk Berkualitas Tinggi

Quality Assurance membantu bisnis menyusun strategi agar produk yang dirilis memiliki kualitas tinggi. Di sisi lain, Quality Control juga membantu memastikan produk jadi akan memenuhi harapan konsumen. Baik Quality Assurance dan Quality Control, keduanya memainkan peran krusial dalam menghadirkan produk yang berkualitas di tangan konsumen agar dapat menghasilkan keuntungan untuk bisnis.

2.    Menggunakan Kebijakan dan Prosedur

Sementara Quality Assurance lebih berorientasi pada proses ketimbang Quality Control, kedua pendekatan yang diterapkan sama-sama mengikuti standar kebijakan dan prosedur organisasi untuk menjamin kualitas.

3.    Memitigasi Masalah dan Biaya

Kekurangan produk bisa menjadi gangguan kecil, atau bahkan bom besar yang mengancam reputasi bisnis. Makin cepat kekurangan terdeteksi, makin kecil kemungkinan buruk akan terjadi.

Di sini lah Quality Assurance dan Quality Control berperan. Mereka sama-sama berusaha untuk mendeteksi masalah yang mungkin muncul di kemudian hari agar bisnis tidak perlu mengeluarkan biaya besar untuk memperbaiki keadaan yang merugikan.

4.    Melibatkan Investasi Biaya dan Waktu

Memiliki tim internal Quality Assurance dan Quality Control adalah investasi jangka panjang yang dapat memastikan kualitas di seluruh organisasi.

5.    Mengembangkan Cara Bisnis Memproduksi Produk

Quality Assurance dan Quality Control sama-sama memberikan peluang bagi organisasi untuk mengidentifikasi area mana yang perlu ditingkatkan agar dapat memenuhi ekspektasi besar para konsumen.

Kamu Tertarik dengan Bidang Quality Assurance? Wajib Banget Ikut Kelas Ini!

Menggali perbedaan Quality Assurance vs Quality Control bikin kamu jadi penasaran dan tertarik terjun di dunia profesionalnya? Kuncie siap bantu kamu kuasai skill yang dibutuhkan untuk memulai karier sebagai Quality Assurance lewat Bootcamp Quality Assurance!

Banyak lho keuntungan yang bisa kamu dapatkan:

●       Kesempatan Magang di hiring partner Kuncie.

●       Kurikulum Komprehensif yang dilengkapi dengan materi soft skill.

●       Belajar langsung sama mentor ahli dari top unicorn & global companies yang berpengalaman lebih dari 10 tahun.

●       Portofolio Building yang mendapat feedback dari mentor ahli.

●       Sesi Konsultasi bersama mentor ahli.

Ayo, daftar Bootcamp Quality Assurance sekarang juga!

Referensi:

https://www.productplan.com/glossary/quality-assurance/
https://www.softwaretestinghelp.com/quality-assurance-vs-quality-control/
https://www.applause.com/blog/quality-assurance-qa-vs-quality-control-qc#:~:text=QA%20primarily%20focuses%20on%20the,and%20beta%20or%20canary%20testing.

Artikel Terkait

Komentar