Ini 6 Perbedaan Americano dan Espresso

February 17, 2023
Category: Creative
[sgmb id=2]

Mengunjungi coffee shop kini tengah menjadi gaya hidup yang digandrungi berbagai kalangan. Kebanyakan orang, terutama anak-anak muda betah berlama-lama di coffee shop untuk sekadar nongkrong bersama teman-teman atau bekerja. Bahkan, gak jarang  pengunjung bisa menghabiskan waktunya hingga berjam-jam di satu coffee shop, lho!

CTA Coffee Academy
Yuk Daftar Kopi Academy Sekarang Juga

Nongkrong di coffee shop rasanya tidak lengkap jika tidak ditemani secangkir kopi. Ada beragam menu varian kopi yang biasa disajikan di coffee shop. Dua jenis kopi yang paling populer dan pasti ada ialah americano dan espresso.

Supaya kamu gak salah pilih menu kopi, kamu perlu banget mengetahui perbedaan kopi americano dan espresso. Tidak perlu bingung cari info kemana-mana karena pembahasan mengenai perbedaan americano dan espresso bisa kamu temukan di artikel ini. Yuk simak ulasannya sampai habis!

Apa itu Americano?

kopi americano
Sumber: Pexels

Caffè Americano adalah sloki espresso yang dibubuhi dengan air panas di atasnya. Proses pemberian air panas ini menghasilkan rasa kopi yang kurang pekat dan mencairkan setengah dari rasa pahit yang ditemukan dalam espresso murni. Bila dibandingkan dengan espresso, americano memiliki tekstur yang lebih cair sehingga lebih mudah dan lebih lama untuk diminum. Perbedaan americano dan espresso juga dapat ditemukan dari cara penyajiannya yang bisa disesuaikan dengan keinginan. Misalnya jika ingin rasa kopi yang lebih strong, maka espresso shot dalam americano bisa ditambah menjadi dua sloki. 

Apa itu Espresso?

kopi espresso
Sumber: Pexels

Espresso adalah konsentrat kopi murni yang biasanya diminum langsung tanpa campuran apapun. Tapi, banyak penggemar kopi espresso yang mencampurkan satu sendok teh gula ke dalam espresso untuk meredakan rasa pahitnya. Pembuatan kopi espresso dilakukan menggunakan mesin espresso khusus. Espresso identik dengan rasa kopi yang sangat kuat, kompleks, dan dikenal dengan intensitasnya yang dalam.

Baca Juga: Berikut Ini adalah 10 Jenis Biji Kopi Populer yang Pecinta Kopi Wajib Tahu

Perbedaan Americano dan Espresso

Sebelumnya telah dibahas ciri-ciri umum dari americano dan espresso. Agar kamu bisa mendapatkan gambaran yang lebih jelas mengenai kedua jenis kopi tersebut, Kuncie telah menyiapkan enam daftar perbedaan americano dan espresso! Mari cek perbedaannya di bawah ini!

Asal Negara Americano dan Espresso

Melalui nama dari masing-masing kopi ini, kamu sudah bisa menebak dari mana mereka berasal. Americano berasal dari wilayah Amerika, sedangkan espresso berasal dari Italia. Katanya, nama americano disematkan karena dianggap sebagai cara orang Amerika menikmati espresso yang lebih encer.

Bahan Dasar Americano dan Espresso

Seperti yang telah disebutkan, americano memiliki tekstur yang lebih encer bila dibandingkan dengan espresso. Hal ini dikarenakan americano dibuat dari satu atau dua shot espresso, lalu dibubuhkan dengan air panas di atasnya.

Kandungan Krema Americano dan Espresso

Apakah kamu adalah penggemar krema? Bagi yang belum tahu, krema adalah buih berwarna kuning tua yang muncul pertama kali saat espresso diekstraksi.

Meskipun americano dibuat dari satu atau dua shot espresso, sayangnya kamu tidak akan bisa menemukan krema pada americano. Air panas yang disiramkan pada americano akan menyebabkan krema kopi pecah.

Proses Pembuatan Americano dan Espresso

Meski bahan dasarnya sama, ternyata proses pembuatan americano dan espresso berbeda, lho. Untuk membuat secangkir americano, kamu hanya perlu menyiapkan satu atau dua ˆshot espresso lalu menuangkan dua per tiga cangkir air panas.

Lalu bagaimana dengan proses pembuatan espresso? Menyajikan espresso terbilang lebih sulit karena membutuhkan mesin ekstraksi khusus yang dapat menciptakan tekanan pada air panas agar bisa mengekstraksi biji kopi menjadi minuman yang nikmat karena cita rasanya yang kuat. Tekanan pada air panas tersebut akan memunculkan karbon dioksida. Makanya tak heran jika pada secangkir espresso akan ditemukan krema.

Variasi Menu Americano dan Espresso

Kamu pasti familiar kan dengan hidangan kopi cappuccino atau caffe latte? Nah, dua hidangan itu adalah varian dari kopi espresso yang dihasilkan dari campuran kopi espresso dan steamed milk. Selain itu, ada juga es kopi susu gula aren yang menjadi favorit dan menu andalan di berbagai coffee shop pilihan anak muda.

Varian lain dari kopi espresso yang mungkin kurang umum adalah affogato. Affogato adalah cara menikmati kopi espresso dengan mencampurkan es krim ke dalamnya.

Berbeda dengan espresso yang bisa disajikan dengan berbagai kreasi, americano bukan lah jenis kopi yang memiliki varian menu sajian.

Level Kafein pada Americano dan Espresso

Menimbang kedua bahan dasar kopi tersebut adalah espresso, americano dan espresso pada dasarnya memiliki level kafein yang sama. Jika kamu bingung memilih kopi mana yang bisa membantu kamu terjaga di malam hari, kedua kopi ini bisa menjadi pilihan. Tapi jika melihat tingkat konsentrasi kopinya, espresso akan memiliki lebih banyak kafein dan mungkin akan bekerja lebih baik untuk membantumu menahan kantuk.

Minum Kopi Lebih Hemat dengan Belajar Meracik Kopi Sendiri

Demikianlah pembahasan mengenai perbedaan americano dan espresso. Sekarang kamu jadi lebih paham kan apa yang membedakan kedua kopi tersebut? Intinya, jika kamu suka dengan cita rasa kopi yang sangat kuat, espresso sangat cocok untuk kamu. Namun, jika kamu lebih suka rasa kopi yang lebih light, americano adalah pilihan yang tepat.

Selain informasi mengenai perbedaan americano dan espresso, Kunci juga punya tips supaya kamu bisa menghemat pengeluaran nongkrong di coffee shop. Kamu bisa lho belajar meracik kopi sendiri layaknya para profesional yang menyajikan kopi favoritmu!

Ikutan kelas Komplit Academy Coffee dari Kuncie, yuk! Di kelas ini, kamu akan mendapatkan pembelajaran komprehensif secara offline mengenai kopi beserta alat-alatnya. Kamu juga bisa memperluas networking dengan para profesional di bidang perkopian karena kelas ini tidak hanya ditujukan untuk coffee enthusiast, tapi juga untuk barista dan pemilik coffee shop.

Sangat menarik, bukan? Ayo segera daftarkan dirimu melalui halaman ini!

Referensi:

https://drinksupercoffee.com/blog/nutrition/what-is-an-americano/
https://www.dolce-gusto.co.id/5-perbedaan-americano-dan-espresso
https://www.chinoproduct.com/espresso-vs-americano-whats-the-difference/
https://yourdreamcoffee.com/espresso-vs-americano/

Artikel Terkait

Komentar