Leadership Skill yang Baik sebagai Kunci Kesuksesan Karier

[sgmb id=2]

Leadership skill bukan kemampuan yang hanya dibutuhkan oleh seorang pemimpin. Staf atau anggota tim pun perlu memiliki leadership skill yang mumpuni.

Namun, leadership skill seringkali tidak dijadikan prioritas dalam program pengembangan kapasitas atau pelatihan karyawan karena masih dianggap hanya penting untuk pemimpin tim. Padahal, leadership skill adalah salah satu kunci kesuksesan Anda dalam berkarir, lho!

Untuk memahami ciri dan pentingnya leadership skill, serta apa saja leadership skill yang wajib Anda miliki, baca artikel ini sampai habis, ya!

Ciri-Ciri Seorang Leader yang Efektif

Leadership skill memang tidak hanya dibutuhkan oleh seorang leader, tapi semua orang bisa melihat leader yang efektif sebagai contoh ketika mengasah leadership skill. Untuk itu, Anda perlu memahami ciri-ciri seorang leader yang efektif.

Leader atau pemimpin yang efektif memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik, memotivasi timnya, menangani dan mendelegasikan tanggung jawab, mendengarkan feedback dengan lapang dada, dan memiliki fleksibilitas untuk memecahkan berbagai jenis masalah di tempat kerja yang dinamis.

Dengan melihat leader yang efektif, Anda akan memahami leadership skill apa saja yang perlu Anda asah agar memiliki ciri-ciri yang sama atau mirip dengan leader tersebut.

Pentingnya Leadership Skill

Keterampilan kepemimpinan sangat penting karena mereka memungkinkan individu untuk memotivasi, menginspirasi, dan membimbing orang lain untuk mencapai tujuan bersama. Pemimpin yang efektif memiliki beragam keterampilan, termasuk komunikasi, pemecahan masalah, pengambilan keputusan, dan resolusi konflik.

Selain itu, mereka dapat mengembangkan visi untuk masa depan, membuat strategi untuk mencapainya, dan memimpin tim menuju kesuksesan.

Organisasi hanya dapat mencapai tujuannya dengan kepemimpinan yang baik, dan anggota tim mungkin membutuhkan arahan dan motivasi.

Itulah mengapa semua komponen organisasi, baik atasan maupun karyawan, membutuhkan leadership skill untuk bisa bekerja sama mencapai tujuan yang sama. Untuk memahami hal tersebut lebih dalam, simak uraian berikut ini!

  1. Top level atau atasan akan lebih mudah untuk mempromosikan karyawan dengan leadership skill. Dengan mempromosikan talenta dengan leadership skill yang kuat, mereka tidak perlu lagi mengeluarkan usaha dan biaya untuk melatih karyawan tersebut di aspek kepemimpinan.
  2. Karyawan dengan leadership skill akan membantu perusahaan menciptakan visi, arah, dan target. Biasanya, seseorang dengan leadership skill memiliki visi dan rencana yang lebih panjang, sehingga mereka bisa berkontribusi lebih kepada perusahaan, terutama dari ketiga aspek yang sudah disebutkan sebelumnya.
  3. Seseorang dengan leadership skill bisa membimbing tim atau rekan-rekannya ke tujuan yang sama, sesuai dengan fungsi atau keahlian seorang pemimpin yang mumpuni.
  4. Dengan leadership skill, seseorang dapat mengasah dan memberdayakan orang lain agar bisa mencapai potensi sepenuhnya. Seseorang dengan leadership skill biasanya sangat inspiratif, atau bisa menginspirasi orang untuk menjadi versi terbaik dari diri mereka.
  5. Leadership skill dapat mempercepat perkembangan karier Anda. Karena tidak semua orang memiliki leadership skill, hal tersebut menjadi sesuatu yang sangat berharga, sehingga kerap dicari perekrut talenta perusahaan.

10 Leadership Skill yang Paling Dibutuhkan dalam Dunia Kerja

Secara garis besar, ada 10 leadership skill yang paling dicari di dunia kerja. Masing-masing skill atau keterampilan ini dapat diasah, namun tidak bisa tumbuh secara sendirinya. Jika Anda ingin memiliki kesepuluh leadership skill berikut, Anda perlu berusaha untuk menumbuhkannya di dalam diri Anda. 

Kesepuluh leadership skill tersebut adalah:

  1. Komunikasi

Meski terkesan sederhana, tidak semua orang mampu berkomunikasi dengan baik. Seorang pemimpin wajib dapat berkomunikasi dengan baik, sehingga kemampuan ini menjadi salah satu leadership skill yang paling dicari. Yang termasuk ke dalam komunikasi bukan hanya cara menyampaikan informasi dengan tepat, tapi juga bagaimana mendengar dan memahami penjelasan dari lawan bicara.

  1. Motivasi

Tak semua pemimpin memiliki motivasi dan dapat memotivasi timnya. Dengan kemampuan ini, Anda dapat menginspirasi tim Anda untuk berkontribusi lebih.

  1. Mendelegasikan

Mendelegasikan terkesan mudah, padahal ini adalah salah satu hal yang paling sulit dilakukan. Memberikan tanggung jawab, mempercayai orang yang didelegasikan, serta menyampaikan brief, detail, dan ekspektasi output dari suatu task adalah hal yang tidak mudah dan rawan kesalahan. Maka dari itu, kemampuan untuk mendelegasikan adalah kemampuan yang wajib diasah.

  1. Sudut Pandang Positif

Seorang pemimpin yang baik bisa terus memiliki pandangan positif. Selain untuk menjaga kondisi mental dan moral tim, kemampuan ini juga berharga untuk menjaga fokus kepada pekerjaan. 

  1. Dapat Diandalkan

Pemimpin yang baik tentunya dapat diandalkan, baik oleh user, atasan, maupun timnya sendiri. Leadership skill satu ini kerap terlewatkan, bahkan dianggap tidak prioritas. Padahal, kemampuan untuk bisa terus diandalkan oleh semua orang sangat sulit didapatkan.

  1. Kreativitas

Kreativitas adalah leadership skill yang sangat berharga. Hal ini karena sebagai seorang pemimpin, Anda perlu memiliki kemampuan untuk mengeluarkan tim Anda dari kebuntuan ketika bekerja, dan hal tersebut membutuhkan kreativitas tinggi.

  1. Feedback

Tidak semua pemimpin dapat memberikan feedback yang membangun. Sebaliknya, tidak semua pemimpin dapat menerima feedback dengan lapang dada dan bergegas untuk introspeksi. Kemampuan ini sangat berpengaruh terhadap kinerja diri serta kondisi mental tim Anda. 

  1. Tanggung Jawab

Tentunya Anda sudah mengetahui bahwa pemimpin yang baik memiliki rasa tanggung jawab yang besar, baik atas timnya maupun atas hasil pekerjaan timnya. Meski Anda bukan pemimpin, Anda perlu mengasah kemampuan satu ini juga!

  1. Komitmen

Komitmen atas tanggung jawab, pekerjaan, serta ucapan dan terhadap timnya juga sesuatu yang sangat penting bagi pemimpin. Maka dari itu, komitmen menjadi salah satu leadership paling berharga.

  1. Fleksibilitas

Fleksibilitas dalam kasus ini berarti adaptabilitas atau kemampuan untuk menyesuaikan diri dan sukses di berbagai kondisi. Sebagai andalan timnya, seorang pemimpin harus mampu membimbing timnya dalam berbagai situasi dan kondisi. Untuk itu, fleksibilitas menjadi sangat penting.

Efek Negatif dari Leadership yang Buruk

Leadership di suatu perusahaan atau tim tidak tergolong kebutuhan sekunder atau tersier. Apabila tim Anda memiliki leader yang mumpuni, tim Anda bisa tumbuh pesat dan berkontribusi signifikan terhadap perusahaan. Sebaliknya, jika tim Anda hanya mendapatkan leadership buruk, ada banyak efek negatif yang muncul. Simak penjelasannya di bawah ini!

  1. Kurangnya visi

Leader yang baik dapat menginspirasi timnya agar dapat bekerja dan berkinerja lebih baik. Kuncinya ada pada visi yang dibawa oleh leader tersebut. Pemimpin dengan kemampuan leadership yang buruk tidak akan bisa membawa visi apapun ke timnya. Alhasil, semua anggota bekerja sendiri-sendiri dan tidak memiliki tujuan yang sama.

  1. Sinergi yang tidak cukup baik

Sinergi berarti kemampuan tiap anggota tim untuk berkolaborasi satu sama lain. Leadership yang buruk tidak akan meningkatkan sinergitas tim, tapi malah merusak chemistry antar anggota.

  1. Budaya kerja yang kurang mendukung

Meski kerap tak disadari, budaya kerja suatu perusahaan atau tim berpengaruh besar pada kinerja dan kondisi mental karyawan. Leadership yang buruk tidak akan berpartisipasi terhadap pengembangan budaya kerja yang baik. 

  1. Moral rendah

Moral dan semangat karyawan sangat dipengaruhi pemimpinnya. Seperti yang sudah disinggung di atas, pemimpin dengan leadership yang buruk tidak akan bisa menginspirasi timnya. Alhasil, tidak hanya visi saja yang kurang, tapi juga moral tim.

  1. Reputasi menurun

Kombinasi dari keempat poin sebelumnya akan merusak reputasi baik perusahaan Anda yang sudah dibangun dengan penuh usaha. Maka dari itu, jangan biarkan ada leadership buruk di perusahaan Anda!

Jadi Leader yang Sukses dengan Program Mini MBA dari Kuncie!

Menjadi leader dengan leadership skill yang baik bukan hal yang sulit. Namun, leadership skill tidak akan muncul tanpa usaha dan perubahan dari diri Anda. Ambillah langkah pertama Anda untuk menjadi leader yang sukses dengan mengikuti Program Mini MBA dari Kuncie!

Program Mini MBA, hasil kerja sama Kuncie dengan Sekolah Bisnis dan Manajemen (SBM) ITB, adalah program online fast-track untuk mempelajari manajemen bisnis dengan lebih dalam dan berfokus pada pengembangan bisnis. Program ini merupakan program non-degree dengan materi kelas Master Business Administration (MBA) yang dipadatkan.

Salah satu materi yang akan diajarkan di program Mini MBA ini adalah high performance leadership, yaitu dasar-dasar kepemimpinan dan proses menjadi seorang pemimpin. Dengan rangkaian materi tersebut, Anda akan menjadi leader dengan skill yang menyeluruh untuk bisa memimpin dan memotivasi tim Anda demi menciptakan budaya lingkungan kerja yang kondusif dan kolaboratif!

Ayo jadi pemimpin yang sukses dengan program Mini MBA dari Kuncie!

Referensi:
https://www.thebalancemoney.com/top-leadership-skills-2063782#toc-what-makes-an-effective-leader
https://www.europeanbusinessreview.com/leadership-skills-why-theyre-important-and-their-benefits/
https://www.executive-impressions.com/blog/why-are-leadership-skills-important
https://www.linkedin.com/pulse/domino-effects-poor-leadership-leadership-coach-culture-architect
https://medium.com/leadership-soup/6-consequences-of-bad-leadership-6bf4d7fe3bc4
https://bestpractice.biz/the-impact-of-bad-leadership-on-an-organisation/

Artikel Terkait

Komentar