Macam-macam Pekerjaan Penulis Masa Kini

May 11, 2023
Category: Creative
[sgmb id=2]

Kadang, penulis dilabeli sebagai pekerjaan yang tidak produktif ataupun terlalu menjanjikan peluang karier yang bagus. Padahal di zaman kini, profesi penulis memiliki banyak ragam dan fungsi, sesuai dengan kebutuhan pasar.

Bagi kamu yang tertarik untuk menjadi seorang penulis, kamu wajib menyimak artikel ini! Di sini, Kuncie akan mengulas alasan, karakteristik, dan contoh pekerjaan-pekerjaan di bidang menulis.

5 Karakteristik Orang yang akan Sukses Sebagai Penulis

Ada beberapa sifat dan karakteristik orang yang menonjol ketika kita membahas profesi sebagai seorang penulis. Simak penjelasannya di bawah ini!

1.     Menulis terus-menerus secara konsisten

Seseorang yang rajin menulis terus-menerus secara konsisten adalah bibit seorang penulis andal.

2.     Memengaruhi masyarakat melalui karya tulisnya

Karya tulis yang baik mampu mengubah masyarakat. Hal bisa tercapai melalui plot dan alur cerita, latar belakang, serta karakter tokoh yang menarik.

3.     Bisa hidup dari menulis

Seorang penulis sejati bisa menghidupi diri sendiri dari menulis. Hal ini tidak hanya secara finansial, tapi juga secara mental.

4.     Karya tulisnya selalu dinanti untuk dibaca dan selalu dikenang

Meski ketika penulis sudah wafat, karya-karya penulis legendaris akan selalu dibaca dan dicari oleh peminatnya.

5.     Tabah menjalani hidup penulisan

Menjadi seorang penulis bukan hidup yang mudah. Penulis yang akan sukses adalah penulis yang bisa mencapai mimpinya ketika sudah tabah mengikuti kehidupannya.

6.     Membagikan ilmu pengetahuan yang ia miliki ke orang lain

Ilmu pengetahuan tidak akan habis meski dibagi-bagikan. Seorang penulis andal tidak akan pelit berbagi ilmu dengan orang lain, malah bersemangat membagikan ilmu ke orang-orang yang kurang beruntung.

Alasan Menjadi Penulis

Usut punya usut, ada empat alasan utama mengapa seseorang tertarik untuk mengejar karier sebagai seorang penulis. Simak penjelasannya di bawah ini!

1.     Berawal dari Hobi

Banyak penulis memulai kariernya dari sekadar hobi, seperti penulis ikonik Dee Lestari. Namun, dari hobi itu ia terus mengasah keterampilannya, hingga pada suatu hari berhasil dilirik oleh penerbit yang tertarik untuk mempublikasi tulisan mereka.

2.     Mengungkapkan Isi Hati

Menulis adalah salah satu cara untuk melepas stres dan mengungkapkan isi hati. Untungnya, seseorang yang berprofesi sebagai penulis bisa mencurahkan isi hati dan dibayar.

3.     Berbagi Pengalaman

Dengan menulis, seseorang bisa membagikan pengalaman hidupnya, baik hanya sekadar membagi cerita maupun sebagai pelajaran hidup bagi pembaca.

4.     Ingin Dikenal

Para penulis andal akan menjadi terkenal dari karya-karyanya. J. K. Rowling, Dee Lestari, Ernest Hemingway, Andrea Hirata. Keempat sosok tersebut mendapatkan ketenaran dengan menjadi penulis.

10 Jenis Pekerjaan Sebagai Penulis

pekerjaan penulis
Sumber: Shutterstock

Ternyata, pekerjaan sebagai penulis tidak hanya satu atau dua jenis saja, lho! Yuk simak jenis-jenis pekerjaan sebagai penulis dan penjelasannya di bawah ini!

1.     Jurnalis

Jurnalis adalah salah satu pekerjaan paling penting. Jurnalis mencari, mengumpulkan, dan membuat artikel berisi informasi seputar kejadian aktual untuk dibaca.

2.     Blogger atau Reviewer

Blogger atau reviewer sangat berkontribusi dalam proses publikasi dan pencarian informasi tentang suatu produk, lokasi, atau layanan. Seiring zaman, pekerjaan mereka makin dicari.

Namun, blogger atau reviewer perlu membangun kredibilitas terlebih dahulu agar pendapat mereka bisa dipercaya oleh pembacanya.

3.     Content Writer

Content writer adalah penulis yang fokus memproduksi konten dalam bentuk tulisan, misal konten media sosial atau konten artikel untuk di website.

4.     Script Writer

Sesuai dengan namanya, script writer adalah penulis naskah, baik untuk film, video pendek, bahkan iklan. Seorang scriptwriter tidak hanya harus memiliki kemampuan menulis yang baik, tapi juga pemahaman visual yang sesuai untuk proses pembuatan skrip.

5.     Copywriter

Seorang copywriter adalah seseorang yang membuat tulisan dengan tujuan menjual atau menonjolkan keunggulan produk dari suatu perusahaan. Iklan, brosur, push notifications, dan katalog adalah sebagian dari pekerjaan seorang copywriter.

6.     Editor

Seorang editor bertugas untuk menjaga kualitas tulisan yang diproduksi, baik oleh penulis novel, penulis artikel, ataupun penulis-penulis lainnya. Seorang editor harus teliti dan cerdas, karena mereka harus memahami konteks tulisan dan mengedit isi, struktur, bahkan gaya bahasa tulisan.

7.     Penulis Cerita

Penulis cerita adalah penulis yang membangun dunia dari kata-kata. Mereka mampu membuat pembacanya pergi ke dunia yang mereka buat di atas kertas. Cerita di sini bisa dalam berbagai bentuk, misal cerita pendek, novel, atau novella.

8.     Ghostwriter

Seorang ghost writer adalah seseorang yang dibayar untuk menulis atas nama orang lain. Meski terkesan ilegal, ghostwriting lebih fokus pada peningkatan kualitas tulisan. Sehingga konsep pekerjaannya kerap disamakan dengan pekerjaan lain, seperti menjadi koki di suatu restoran.

9.     UI/UX Writer

Dengan berkembangnya zaman, permintaan akan aplikasi akan tetap meningkat. Salah satu posisi yang muncul dari situasi tersebut adalah UI/UX Writer. Posisi ini dituntut untuk bisa membuat pengalaman pengguna terbaik ketika berinteraksi dengan aplikasi atau website jadi lebih nyaman dan mudah.

10.  Technical Writer

Technical writer adalah penulis yang fokus memproduksi teks yang menjelaskan fitur-fitur serta keunggulan suatu produk. Technical writer sangat berguna ketika pembuatan produk baru yang akan dijual secara masal, karena technical writer memperkenalkan produk baru tersebut dan membuat komponen pelengkapnya yang berbentuk tulisan, seperti buku manual.

Jadi Penulis Andal dengan Mengikuti Kelas Menulis Kaizen Writing bersama Dee Lestari!

Membuat alur cerita yang menarik tidak cukup untuk menghasilkan cerita yang tak terlupakan. Maka dari itu, yuk belajar menulis metode Kaizen Writing dengan salah satu penulis ternama Indonesia, Dee Lestari!

Kaizen, perbaikan kecil yang dilakukan berkesinambungan, adalah prinsip yang dijalani, diyakini, dan diterapkan oleh Dee Lestari dalam menulis. Di kelas yang diadakan bersama Kuncie ini, Dee Lestari akan menunjukkan tahap-tahap yang ia lakukan ketika menulis, hal apa saja yang perlu dicermati ketika berproses, dan berbagai perbaikan yang bisa diterapkan agar kemampuan menulis kamu terus bertumbuh.

Kali ini, Kuncie membuka pendaftaran untuk 2 batch kelas sekaligus! Simak detailnya di bawah ini!

  • Kelas Kaizen Writing batch 9

Penutupan Pendaftaran          : 30 Juli 2023

Periode Kelas                         : 31 Juli – 5 Agustus 2023

  • Kelas Kaizen Writing batch 10

Penutupan Pendaftaran          : 30 November 2023

Periode Kelas                         : 31 Oktober – 4 November 2023

Kelas Menulis Kaizen Writing bersama Dee Lestari ini terbuka untuk umum dan akan mengulas metode penulisan yang cocok bagi siapa pun yang berada di level kepenulisan mana pun. Jadi, jika kamu adalah seorang pemula, tidak masalah! kamu tetap bisa belajar menulis bersama salah satu penulis terbaik Indonesia!

Ayo kembangkan kemampuan menulis kamu di Kelas Kaizen Writing bersama Dee Lestari!

Referensi:

https://www.kompasiana.com/economist-suweca.blogspot.com/5ce11dd73ba7f7436b045c24/inilah-ciri-ciri-penulis-yang-sukses
https://bukunesia.com/ciri-ciri-penulis-yang-baik/
https://glints.com/id/lowongan/skill-yang-harus-dimiliki-penulis/#.ZEj8BHZBy3A
https://www.topkarir.com/article/detail/hobi-menulis-ini-7-pilihan-karir-yang-paling-cocok-buat-kamu

Artikel Terkait

Komentar