8 Macam-Macam Metode Membuat Kopi

February 27, 2023
Category: Creative
[sgmb id=2]

Metode pembuatan kopi adalah hal yang sangat menentukan cita rasa yang dihasilkan dari biji kopi yang diproses. Metode pembuatan kopi ini tentunya ditentukan oleh faktor-faktor lainnya seperti pemilihan jenis biji kopi, tingkat kehalusan coffee grind, hingga penggunaan alatnya. Karena itu, untuk menghasilkan rasa dan aroma yang optimal serta punya ciri khasnya sendiri, metode pembuatan kopi adalah skill penting yang harus dipelajari.

Apakah kamu tertarik untuk berbisnis coffee shop atau ada keinginan untuk berkarier sebagai barista? Jika iya, maka artikel Kuncie ini akan membantu kamu memahami jenis-jenis metode pembuatan kopi! Selain itu, artikel ini juga bisa untuk kamu sang pecinta kopi yang ingin belajar meracik sendiri di rumah. Yuk, baca pembahasannya!

CTA Coffee Academy
Yuk Belajar Jadi Barista Bareng Coffee Academy by Kuncie Sekarang Juga!

Perbedaan Metode Pembuatan Kopi

Pada dasarnya, metode pembuatan kopi sederhana hanya membutuhkan kopi bubuk, air panas, dan filter saja. Bersamaan dengan meningkatnya minat minum kopi yang secara luas telah menjadi bagian dari gaya hidup, metode pembuatan kopi juga menjadi lebih banyak jenisnya. 

Untuk di Indonesia sendiri, coffee shop semakin menjamur dan saling berlomba-lomba untuk menyajikan berbagai menu kopi yang punya ciri khasnya sendiri. Ketika meminum sajian kopi, pastinya kamu bisa mengidentifikasi tekstur dan rasa kopi ketika diteguk, aroma yang tercium, hingga tingkat keasaman atau kepahitan kopi tersebut.

Nah, setiap coffee shop pasti punya profil rasa menu kopi yang berbeda dari satu sama lain. Salah satu alasan adanya perbedaan profil rasa ini adalah perbedaan metode pembuatan kopi yang digunakan oleh para baristanya. 

Macam-Macam Metode Pembuatan Kopi

Perbedaan metode pembuatan kopi punya tingkat kesulitan yang beragam. Ada yang sangat sulit karena hanya bisa dibuat dengan alat khusus dan mahal, ada juga yang alatnya bisa dibeli mudah lewat marketplace. Yuk ketahui jenis-jenis metode pembuatan kopi di bawah ini:

1. Metode Pour Over atau Metode V60

Metode pembuatan kopi pour over adalah cara menyeduh kopi dengan menuangkan (pour) air panas ke dalam filter yang telah berisi bubuk kopi. Jenis filter ini ada beberapa jenisnya, sesuai dengan material pembuatannya. Umumnya, filter ini bisa terbuat dari bahan kertas, kain, atau metal. Hasil yang dihasilkan dari metode pembuatan kopinya adalah kopi jernih tanpa ampas. 

2. Metode Coffee Maker 

Sebenarnya, untuk metode pembuatan kopi dengan coffee maker ini banyak jenisnya. Hal ini karena mesin kopi ini beragam, mulai dari yang sederhana bisa digunakan untuk skala rumahan, hingga coffee maker untuk skala industri besar. Karena itu, untuk belajar metode pembuatan kopi dengan coffee maker punya level kesulitan yang berbeda-beda.

3. Metode French Press 

Metode pembuatan kopi french press sebenarnya mengacu pada nama alat itu sendiri. Alat french press identik dengan penyeduhan kopi tanpa filter tambahan yang mudah dipraktikkan. Meski begitu, hasil kopinya tetap tanpa ampas karena filter berbahan metal sudah termasuk di dalam alat french press itu sendiri.

Kuncinya terletak pada biji kopi yang baru digiling halus, dimasukkan ke dalam dasar alat french press, dituang air panas, didiamkan sebentar setelah diaduk, lalu setelah itu press alatnya. Proses press inilah yang membuat bubuk kopi akan mengendap sehingga tidak ada ampas ketika dituang ke gelas.

4. Metode AeroPress 

Metode AeroPress ini agak mirip dengan french press. Perbedaan dari kedua metode ini terletak adalah pada aeropress, filter kertas sekali pakai akan digunakan. Proses penekanan (press) bubuk kopi dengan filter kertas ini akan menghasilkan tekanan lebih tinggi sehingga bubuk kopi terekstraksi dengan cita rasa yang lebih pekat.

5. Metode Siphon 

Alat siphon atau syphon dikenal sebagai metode pembuatan kopi dengan vakum. Alat syphon punya empat aspek, yaitu cover (penutup mangkok atas), upper bowl (mangkuk bagian atas), lower bowl (mangkuk bagian bawah), stand (penahan), dan filter (penyaring). Cara penyajiannya adalah bubuk kopi disimpan di bagian upper bowl, lalu diekstraksi dengan uap yang dihasilkan dari air yang disimpan pada lower bowl

6. Metode Cold Brew 

Metode pembuatan kopi ini semakin digemari oleh pecinta kopi skala rumahan. Hal ini karena kopi cold brew bisa dibuat dengan cara sederhana dan dapat disimpan untuk waktu yang lama di kulkas rumahan. Bahan pembuatannya hanya butuh bubuk kopi dengan level medium-grind, alat cold brew yang bisa dibeli bebas di marketplace, dan air dingin.

Bubuk kopi dimasukkan ke dalam filter di alat cold brew, air dingin dituangkan secara perlahan sampai seluruh bubuk kopi terendam, dan akhirnya bisa didiamkan selama 8-12 jam di kulkas. Setelahnya, bagian filter di alat bisa dilepas. Hasil dari cold brew ini bisa bertahan lama hingga 2 minggu. 

7. Metode Coffee Bags

Metode pembuatan kopi dengan coffee bags bisa dikatakan sebagai versi instan dari metode pour over atau V60. Biasanya, produk coffee bags dripper menjadi pilihan pecinta kopi yang tidak mau ribet. Coffee bag ini dijual dalam bentuk kantong filter yang sudah berisi kopi giling. Untuk membuatnya pun mudah, coffee bag hanya perlu dibuka dan disimpan di atas gelas.

Setelah itu, air panas secara perlahan dituangkan ke atas filter hingga air menutupi seluruh bubuk kopi secara merata. Dalam waktu 3-5 menit, kopi ini sudah bisa dinikmati secara instan tanpa harus grinding biji kopi dari awal.

9. Metode Vietnamese Drip

Vietnamese Drip adalah metode pembuatan kopi yang juga dikenal dengan nama alatnya yaitu Vietnamese Phin. Alat ini bekerja agak mirip dengan metode french press karena sama-sama terbuat dari logam dan filternya sudah terpasang. Cara pembuatannya adalah biji kopi giling halus dimasukkan ke dalam alatnya lalu dituangkan air panas.

Alat ini akan dipasang di atas gelas agar air hasil ekstraksi kopi akan menetes sedikit demi sedikit ke dalam gelas yang telah berisi susu kental manis. Nantinya, rasa kopi yang pekat akan bercampur dengan rasa manis dari olahan susu tersebut ketika diaduk.

Baca Juga: Suka Minum Kopi? Cek 14 Jenis Mesin Kopi Ini!

Itu dia pembahasan tentang metode menyeduh kopi. Mulai dari metode yang biasanya hanya bisa ditemukan di coffee shop, hingga metode yang bisa kamu coba aplikasikan sendiri untuk di rumah. Tertarik untuk mengenal dan mempelajari teknik-teknik di atas agar cita rasa kopi yang dihasilkan semakin mantap? Yuk, belajar langsung dari ahlinya!

Gimana caranya? Gampang, kamu bisa ikutan Kelas Komplit Academy Coffee by Kuncie. Lewat kelas ini, kamu bisa belajar teknik pembuatan kopi secara face-to-face bersama Almira Marcelani yang berpengalaman sebagai Authorized SCA Trainer (AST) dan Q A Grader. 

Yuk, daftar Kelas Komplit Academy Coffee by Kuncie sekarang juga!

Referensi:

https://blog.bluebottlecoffee.com/posts/how-to-choose-a-brew-method
https://www.homegrounds.co/the-complete-guide-to-coffee-brewing-methods/

Artikel Terkait

Komentar