Mengenal Lebih Dekat Figur Dee Lestari: Penulis, Penyanyi, dan Aktris

March 20, 2023
Category: Creative
[sgmb id=2]

Anak 90an mengenalnya sebagai bagian dari salah satu trio paling ikonik pada masanya. Anak 2000an mengenalnya sebagai salah satu novelis paling legendaris dari Indonesia. Ialah Dewi Lestari Simangunsong, perempuan dengan nama pena Dee Lestari.

Sosok inspiratif satu ini tidak hanya menggebrak dunia pernovelan Indonesia, tapi juga dunia musik dengan menjadi seorang penyanyi dan penulis lagu. Yuk kita kenalan lebih dekat dengan Dee Lestari!

Siapa itu Dee Lestari? 

Dee Lestari adalah nama pena dari Dewi Lestari. Ia adalah salah satu penulis ternama Indonesia, terutama dalam genre fiksi. Sebelum terjun menjadi seorang novelis, ia memulai karir di dunia tulis menulis sebagai seorang pencipta lagu. Ia juga merupakan seorang di trio Rida Sita Dewi (RSD), grup musik trio asal Bandung dengan nama yang diambil dari nama depan para personilnya. 

dee lestari
Figur Dee Lestari

Kini, Dee telah sukses menerbitkan 17 buah bukunya yang semua berhasil menjadi best-seller kelas nasional. Ia berhasil menorehkan namanya sebagai salah satu penulis Indonesia paling sukses.

Mari kita kenalan lebih dekat dengan Dewi Lestari!

Biografi Singkat Dee Lestari 

Dewi Lestari Simangunsong atau Dee lahir pada tanggal 20 Januari 1976 di Kota Bandung, Jawa Barat. Ia menyelesaikan pendidikan SMA di SMA Negeri 2 Bandung dan sarjana di jurusan Ilmu Hubungan Internasional di Universitas Parahyangan. Dewi Lestari adalah anak keempat dari pasangan Yohan Simangunsong dan Tiurlan Siagian (alm). Meski memiliki seorang ayah dengan bidang pekerjaan tentara di TNI, Dee Lestari dan beberapa saudara-saudaranya aktif di bidang seni. 

Kakak perempuannya, Ria Christine Murniati Simangunsong yang lebih dikenal dengan nama Key Mangunsong, adalah seorang sutradara dan penulis skenario. Kakak perempuan keduanya, Astri Imelda Rosalin Simangunsong, adalah seorang penyanyi dan pianis yang kini aktif menjadi seorang arsitek dan dosen di salah satu sekolah tinggi desain di Bandung. Adik perempuannya, Arina Ephipania Simangunsong, adalah seorang musisi dan vokalis dari grup musik Mocca.

Dee sudah akrab dengan musik sejak ia kecil dari ayahnya yang belajar piano secara otodidak. Dee Lestari membentuk trio Rida Sita Dewi di bulan Mei 1994 bersama Rida Farida dan Indah Sita Nursanti, atas prakarsa Ajie Soetama dan Adi Adrian. Mereka merilis album perdana di tahun 1995 berjudul Antara Kita.

Di tahun 2001, Dee merilis Supernova, novel fiksi pertamanya. Novel ini adalah buku pertama dari seri Supernova yang terdiri dari 6 buku. Novel ini menjadi sangat populer di masyarakat hingga Dee pun dikenal pula sebagai seorang penulis. 

Perjalanan Karier Dee Lestari

Seperti saudara-saudaranya, Dee Lestari tak hanya aktif di satu bidang seni saja. Selain berkarya sebagai penyanyi dan penulis, Dee juga mengantongi pengalaman sebagai seorang aktris.

Mari kita ulas perjalanan karier seorang Dee Lestari di sini!

1. Karier Menyanyi

Pertama kalinya nama Dewi Lestari melambung di masyarakat adalah sebagai anggota dari grup vokal Rida Sita Dewi (RSD) bersama kedua rekannya, Rida Farida dan Indah Sita Nursanti. Sebelumnya, Dee pernah menjadi backing vocal untuk Iwa K, Java Jive, dan Chrisye. 

Trio RSD meluncurkan album perdana mereka yang berjudul Antara Kita pada tahun 1995, dilanjut dengan album kedua berjudul Bertiga di tahun 1997. Setelah itu, mereka bergabung dengan Sony Music Indonesia dan merilis album Satu di tahun 1999, dengan beberapa single andalan seperti “Kepadamu” dan “Tak Perlu Memiliki”. Di akhir tahun 2022, RSD merilis album The Best of Rida Sita Dewi yang berisi lagu-lagu terbaiknya, ditambah 2 lagu baru, yaitu “Ketika Kau Jauh” karya Stephan Santoso dan Inno Daon serta “Terlambat Bertemu” dari Yovie Widianto. 

Selain berkarier bersama rekan-rekannya di Rida Sita Dewi, Dee juga merilis albumnya sendiri. Ia merilis album berbahasa Inggris berjudul Out of Shell di tahun 2006 dan album RectoVerso di tahun 2008. Di album RectoVerso, ia berkolaborasi dengan beberapa musisi, seperti adiknya, Arina Mocca, dan Aqi Alexa. Single-nya yang paling populer adalah “Malaikat Juga Tahu”.

2. Karier Menulis

Dewi Lestari mulai menerbitkan novelnya di tahun 2001 dengan nama pena sekaligus nama panggilannya, Dee Lestari. Novel pertamanya adalah Supernova, buku pertama dari 6 buku seri Supernova. Novel tersebut menjadi salah satu novel Dee Lestari yang paling sukses, menjadikannya salah satu penulis paling terkenal di Indonesia.

Dalam menulis, salah satu teknik yang ia anut adalah Kaizen Writing. Kaizen Writing adalah teknik menulis berdasarkan perbaikan-perbaikan kecil yang saling berkesinambungan. 

Saat ini, Dee Lestari sudah menulis 17 buah novel. Selain Supernova, novel-novelnya yang paling populer adalah Filosofi Kopi (2006), RectoVerso (2008), Perahu Kertas (2009), Madre (2011), Aroma Karsa (2018), dan seri Rapijali. Sekitar 4 novelnya sudah diadaptasi menjadi film, dengan fanbase yang kuat dan setia menanti karya-karya selanjutnya dari Dee Lestari. 

Baca Juga: Cara Menulis Novel Bagi Pemula Dalam 10 Langkah

3. Karier Film

Dee Lestari juga mengantongi pengalaman berakting di sebuah film Indonesia. Di tahun 2012, Starvision Plus dan Mizan Productions memproduksi film adaptasi dari salah satu novel Dee Lestari, Perahu Kertas. Di film yang disutradarai Hanung Bramantyo tersebut, Dee Lestari mendapatkan peran Rani.

Karya-Karya Dee Lestari

Selama hampir 30 tahun berkarya di bidang seni, Dee Lestari sudah banyak merilis berbagai bentuk karya seni, dari mulai lagu hingga film. Simak rinciannya di sini!

Karya Tulis

Karya tulis utama Dee Lestari adalah novel fiksi, namun ia juga merilis beberapa novel nonfiksi. Berikut adalah detailnya:

  1. Fiksi
  • Supernova 1: Ksatria, Puteri, dan Bintang Jatuh (2001)
  • Supernova 2: Akar (2002)
  • Supernova 3: Petir (2004)
  • Filosofi Kopi: Kumpulan Cerita dan Prosa Satu Dekade (2006)
  • Rectoverso (2008)
  • Perahu Kertas (2009)
  • Madre (2011)
  • Supernova 4: Partikel (2012)
  • Supernova 5: Gelombang (2014)
  • Supernova 6: Inteligensi Embun Pagi (2016)
  • Kepingan Supernova (2017)
  • Aroma Karsa (2018)
  • Rapijali 1: Mencari (2021)
  • Rapijali 2: Menjadi (2021)
  • Rapijali 3: Kembali (2021)
  1. Non Fiksi
  • Di Balik Tirai Aroma Karsa (2019)
  • Rantai Tak Putus (2020)
  1. Lainnya
  • Penulis lagu untuk film Trinity, The Nekad Traveler (2017)

Diskografi

Ketika berkarir di dunia musik, Dee Lestari merilis album dan lagu sebagai bagian dari trio Rida Sita Dewi dan sebagai solois dengan nama aslinya, Dewi Lestari. Berikut adalah diskografinya.

  1. Sebagai Bagian dari Rida Sita Dewi
  • Antara Kita (1995)
  • Bertiga (1997)
  • Satu (1999)
  • The Best of Rida Sita Dewi (2002)
  • “Langit Amat Indah” untuk film Perahu Kertas 2 (2012)
  1. Sebagai Dewi Lestari
  • Out Of Shell (2006)
  • Rectoverso (2008)

Adaptasi Film

Beberapa novel Dee Lestari sudah diadaptasi menjadi film. Novel-novel tersebut adalah sebagai berikut:

  • Perahu Kertas (2012)
  • Perahu Kertas 2 (2012)
  • Rectoverso: Cinta yang Tak Terucap (2013)
  • Madre (2013)
  • Supernova: Ksatria, Putri, & Bintang Jatuh (2014)
  • Filosofi Kopi (2015)
  • Filosofi Kopi 2: Ben & Jody (2017)

Naskah Film

Sebagai seorang penulis naskah film atau screenplay, Dee Lestari membuat naskah untuk adaptasi film novelnya, yaitu Perahu Kertas. Berikut uraiannya.

  • Perahu Kertas (2012)
  • Perahu Kertas 2 (2012)
  • Madre (2013)

Belajar Menulis Langsung dengan Penulis Ternama, Dee Lestari, di Kuncie!

Sebagai seorang penulis ternama dengan pengalaman 20 tahun berkarier, ilmu yang dimiliki Dee Lestari sangatlah berharga bagi kamu yang ingin menjadi penulis sepertinya. Peluang untuk belajar langsung dengan Dee adalah kesempatan yang tidak boleh disia-siakan. 

Inilah kesempatan untukmu! Dee Lestari bekerja sama dengan Kuncie untuk membuka kelas penulisan. Di kelas ini, kamu akan mempelajari metode penulisan yang kerap digunakan oleh Dee Lestari, yaitu Kaizen. Seperti yang sudah dijelaskan secara singkat di atas, Kaizen, perbaikan kecil yang dilakukan berkesinambungan, adalah prinsip yang dijalani, diyakini dan diterapkan oleh Dee Lestari dalam menulis. 

Di kelas ini, ia akan menunjukkan tahap-tahap yang ia lakukan ketika menulis, hal apa saja yang perlu dicermati ketika berproses, dan berbagai perbaikan yang bisa diterapkan agar kemampuan menulismu terus bertumbuh.

Kelas Komplit Kaizen Writing Dee Lestari ini terbuka untuk umum dengan kemampuan menulis di level apapun. Ayo raih kesempatan untuk belajar menulis dari salah satu penulis terbaik Indonesia!

Referensi:

https://deelestari.com/ 
https://deelestari.com/biografi/ 
https://id.wikipedia.org/wiki/Dewi_Lestari 
https://makassarwriters.com/project/dewi-lestari/ 

Artikel Terkait

Komentar