5 Alasan Mengapa Harus Ikut Kelas Political Marketing

April 17, 2023
Category: General
[sgmb id=2]

Apakah kamu tertarik untuk menjadi seorang pemimpin? Atau tertarik untuk berkecimpung di dunia politik? Kelas Eksekutif Mini MBA Political Marketing adalah kelas yang wajib kamu ikuti!

Political Marketing atau pemasaran politik sendiri adalah bidang penting yang harus dikuasai oleh pegiat politik agar dapat menyampaikan pesan secara tepat sasaran kepada masyarakat. Tentunya bidang ini sangat penting dipelajari jika kamu ingin menjadi seseorang yang aktif di berbagai bidang yang perlu membuat strategi dalam menunjukkan keberpihakan politis.

Lantas, apa itu Political Marketing? Dan, mengapa Kuncie Eksekutif Political Marketing adalah program yang menarik untuk diikuti? Simak artikel ini sampai selesai, ya!

Baca Juga: Apa Itu Political Marketing Dan Mengapa Penting?

Apa itu Mini MBA Political Marketing?

Eksekutif Mini MBA Political Marketing adalah program Political Marketing pertama dan satu-satunya di Indonesia yang mengakomodasi kebutuhan kamu dalam pemasaran politik. Kuncie berkolaborasi dengan SBM ITB dan LSI (Lingkaran Survei Indonesia) untuk menyajikan pembelajaran dasar dalam Political Marketing, seperti mengerti orientasi pasar, manajemen pemasaran, dan customer focus untuk menentukan karakter pemilih dengan pendekatan yang relevan di Indonesia.

Siapa yang Cocok Mengikuti Program Mini MBA Political Marketing

1.     Petinggi Partai Politik

Political marketing membantu organisasimu mengidentifikasi dan merespon apa yang diinginkan oleh masyarakat sehingga mempermudah proses untuk mendesain, memproduksi, dan mengirimkan produk yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

2.     Kandidat Politik dan Pendukungnya

Kelas Mini MBA Political Marketing ini sangat cocok bagi kamu yang tertarik untuk menjadi kandidat politik atau berencana menjadi tim sukses seorang calon politik. Sampaikan gagasan dan program kamu lebih luas lagi dengan menggunakan strategi pemasaran yang disesuaikan dengan kebutuhan politik.

3.     Pengambil Keputusan di Pemerintahan

Buat kebijakan dengan lebih tepat sasaran, berdasarkan identifikasi dan respons masyarakat, melalui ilmu political marketing.

4.     Government Relations Manager & CSR perusahaan

Dengan menguasai ilmu political marketing, kamu mampu menyesuaikan proses bisnis perusahaan dengan kebijakan pemerintah agar aktivitas perusahaan dapat terus berkembang namun tetap sesuai dengan regulasi pemerintah.

Kurikulum Mini MBA Political Marketing

Kurikulum Political Marketing di kelas Mini MBA Political Marketing disusun oleh para ahlinya, sehingga meliputi berbagai aspek dari Political Marketing. Berikut adalah kurikulum Mini MBA Political Marketing dan detail topik-topik yang akan dibahas tiap pertemuan.

1.    Customer

Dalam political marketing, customer diartikan sebagai pemilih. Pada minggu awal program ini, kamu akan belajar tentang Model Pemasaran Politik, Marketing Management, dan Customer Focus.

  • Model Pemasaran Politik

Mampu memetakan konsep kunci pemasaran politik, membedakan model pemasaran politik dan membangun model pemasaran politik yang sesuai dengan kebutuhan.

  • Marketing Management & Customer Focus

Mampu memetakan kondisi pasar, mengenal profil target konsumen (pemilih), mampu menyusun strategi pemasaran yang tepat, dan mampu mengidentifikasi kebutuhan konsumen (pemilik) dan membuat pelayanan yang sesuai.

  • Model Pemasaran Politik, Marketing Management, Customer Focus

Diskusi dengan mentor tentang penerapan teori dan pendekatan tentang topik Model Pemasaran Politik dan Marketing Management & Customer Focus.

2.    Market Intelligence

Pelajari voter behavior, opini publik, dan pengukuran lengkap dengan penggunaan berbagai tools digital yang menunjang performa pemasaran marketing perusahaan .

  • Opini Publik dan Pengukuran

Mampu memetakan opini publik, mengidentifikasi proses pembentukan opini publik, mengukur secara akurat opini publik, dan mengidentifikasi rekomendasi sesuai dengan data opini publik melalui self-learning dan diskusi dengan mentor.

3.     Strategy

Kuasai strategi membangun produk politik yang sesuai dan brand politik yang kuat.

  • Product Development

Mampu memetakan konsep dasar produk dalam pemasaran politik, mengidentifikasi elemen kunci dalam pembangunan produk politik, dan mampu membangun produk politik yang sesuai.

  • Political Branding

Mampu mengidentifikasi karakteristik branding dalam politik, memetakan elemen kunci dan bentuk-bentuk branding, dan mampu membangun branding politik yang kuat.

  • Product Development dan Political Branding

Diskusi dengan mentor tentang penerapan teori dan pendekatan tentang topik Product Development dan Political Branding.

4.     Campaign

Buat kampanye yang efektif dan tepat sasaran melalui strategi konvensional maupun non-konvensional.

  • Push & Pull Marketing

Mampu memetakan konsep dasar pemasaran secara langsung kepada pemilih, mengidentifikasi profil dan menciptakan database pemilih, dan membangun strategi dalam menjangkau pemilih sesuai dengan sasaran yang diharapkan.

  • Transformational Leadership

Mampu memahami kepribadian kepemimpinan dalam konteks publik, proses kebijakan publik, etika dalam kepemimpinan publik, dan peran pasar dan pemerintah dalam politik.

  • Push & Pull Marketing dan Transformational Leadership

Diskusi dengan mentor tentang penerapan teori dan pendekatan tentang topik Push & Pull Marketing dan Transformational Leadership.

5.     Studi Kasus LSI

Di akhir program, kamu akan mendapatkan studi kasus LSI yang relevan dengan kondisi politik Indonesia.

  • 10 Prinsip dari Pemasaran Politik

Mampu memahami tujuan besar pemasaran politik, yakni Political Legacy. Ilmu ini membantu pemimpin di sebuah wilayah (dunia, negara, provinsi, kota, hingga satu komunitas dalam skala yang lebih kecil) untuk ikut mengubah masyarakatnya.

Dari materi ini kamu akan mampu memahami pemasaran politik sebagai ‘super market’ yang menyediakan strategi dan konsep yang sudah diuji oleh ilmu pengetahuan. Studi kasus ini akan dilakukan melalui self-learning dan diskusi dengan mentor.

Metode Pembelajaran Mini MBA Political Marketing

Untuk mengoptimalkan proses ajar-belajar, ada 2 metode pembelajaran yang digunakan di Kelas Mini MBA Political Marketing ini. Simak penjelasannya di bawah ini!

1.    Self-learning menggunakan recorded video

Sesi belajar mandiri dengan menonton video pemaparan materi dari pengajar dan praktisi politik LSI. Atur waktu belajar sesuai dengan jadwal kamu. Kelas ditutup dengan kuis pilihan ganda di akhir sesi untuk mengukur pemahaman kamu. Durasi pembelajaran adalah 90-180 menit per minggu melalui website Kuncie.

2.    Live in-class learning

Sesi belajar dengan metode pertemuan online bersama para learners lainnya, yang diajar langsung oleh para pengajar berpengalaman. Dalam sesi ini, pengajar akan membahas implementasi dan best practice dari teori yang dipelajari saat sesi self-learning. Tiap sesi berdurasi 90 menit dan diadakan melalui Zoom.

Mengapa Harus Ikut Mini MBA Political Marketing?

1.     Satu-Satunya Program Marketing Politik Setingkat MBA

Kelas ini adalah program Political Marketing setingkat MBA pertama dan satu-satunya di Indonesia.

2.     Telah Menjadi Bagian dari Kurikulum di Universitas Dunia

Political Marketing telah menjadi kurikulum favorit di berbagai universitas dunia.

3.     Diajar oleh banyak Guru Besar di bidang Political Marketing

Di rangkaian kelas ini, kamu akan dibimbing oleh pengajar dengan pengalaman lebih dari 10 tahun di bidang pemasaran dan merupakan individu yang menduduki posisi strategis di berbagai institusi ternama di Indonesia.

4.     Program Peminatan Favorit Mahasiswa S2

Political Marketing adalah program peminatan favorit untuk mahasiswa S2 di dalam maupun luar negeri.

5.     Bersifat Multidisiplin

Rangkaian kelas Mini MBA Political Marketing dari Kuncie menggunakan wawasan unik dari kumpulan riset dan pengalaman LSI.

Ikuti Mini MBA Political Marketing dan Susun Strategi Political Marketing yang Komprehensif dan Tepat Sasaran!

Pendaftaran Kuncie Eksekutif Mini MBA Political Marketing resmi dibuka! Untuk gelombang ini, pendaftaran dibuka hingga tanggal 14 Mei 2023, dan kelas dimulai tanggal 15 Mei 2023, dengan pertemuan tiap hari Sabtu pukul 10.00-12.00 WIB.

Ayo susun strategi yang tepat sasaran dengan mengikuti Kuncie Eksekutif Mini MBA Political Marketing!

Referensi:

https://wp.kuncie.com/political-marketing/

Artikel Terkait

Komentar