Skill atau Keterampilan Menulis yang Wajib Dimiliki Penulis

May 11, 2023
Category: Creative
[sgmb id=2]

Tahukah Anda bahwa menjadi penulis tidak hanya sebatas menulis jadi saja? Ada beberapa keterampilan menulis yang sangat dibutuhkan oleh penulis agar bisa menghasilkan karya yang menggugah hati dan membuat pembacanya terpikat pada karya tersebut.

Mari kita ulas apa saja skill tersebut di artikel ini!

Skill yang Diperlukan untuk Menjadi Penulis

Ada 12 skill kunci yang diperlukan penulis. Semua skill ini mendukung penulis ketika menyajikan cerita, artikel, riset, atau laporan yang ingin ditulis. Simak penjelasannya di bawah ini!

keterampilan menulis
Sumber: Shutterstock

1.     Komunikasi

Skill komunikasi yang mumpuni akan membantu Anda mengembangkan keterampilan menulis Anda.

2.     Riset

Jika Anda memiliki kemampuan untuk riset yang tepat dan mendalam, informasi yang Anda cantumkan dalam tulisan Anda akan makin berkualitas. Alhasil, tulisan Anda lebih baik dan dapat diandalkan.

3.     Creative Thinking

Dengan creative thinking, Anda bisa menyajikan informasi yang membosankan menjadi lebih menarik. Anda juga bisa menyajikan cerita dengan konsep dan alur cerita yang menggugah.

4.     Mengedit

Mengedit tulisan diri sendiri, atau orang lain, membantu Anda memiliki standar tulisan yang lebih baik, melatih ketelitian, dan membantu Anda memproduksi tulisan yang juga lebih berkualitas.

5.     Berpikir Kritis

Dengan sudut pandang kritis, Anda bisa menyajikan cerita dari sudut pandang tak terduga, sehingga lebih menarik untuk dibaca. Jika Anda menulis berita atau tulisan faktual lainnya, Anda juga bisa menyampaikan informasi tambahan yang berharga bagi pembaca.

6.     Manajemen Waktu dan Disiplin

Menulis bukan kegiatan yang singkat. Maka dari itu, Anda perlu memiliki kedisiplinan dan manajemen waktu yang baik agar tetap bisa menulis tepat waktu dan menghasilkan tulisan sesuai harapan.

7.     Adaptif

Tulisan adalah hal yang abadi. Maka dari itu, Anda sebagai penulis perlu bisa merepresentasikan kondisi terbaru atau tertentu yang ingin disampaikan. Kemampuan adaptif membantu Anda menuangkan konteks situasi dengan tepat.

8.     Prinsip Readability

Apa gunanya tulisan yang tak bisa dibaca? Itulah alasan mengapa Anda perlu bisa menerapkan readability di tulisan Anda, agar target pembaca Anda bisa membaca tulisan yang Anda buat.

9.     Orisinalitas

Plagiarisme adalah salah satu “dosa” terbesar dalam menulis. Maka dari itu, pastikan Anda tetap menulis dengan orisinil. Dan, jika Anda ingin mengutip tulisan seseorang, pastikan dicantumkan dalam daftar pustaka atau footnote.

10.  Kemampuan Merangkum Kata

Meski dalam menulis kita kerap dituntut untuk menulis dengan detail, kemampuan merangkum bisa membantu Anda bermain kata dengan lebih leluasa. Latih keterampilan ini dengan membaca lalu merangkum apa yang sudah Anda baca.

11.  Detail

Salah satu ciri penulis yang baik adalah kemampuan untuk menyajikan detail cerita. Dengan keterampilan ini, Anda bisa menuangkan apa pun cerita yang ada di kepala Anda dengan lebih baik dan menarik, sehingga pembaca pun bisa memahaminya dengan lebih baik pula.

12.  Percaya Diri

Kunci kesuksesan adalah percaya diri. Percaya bahwa Anda bisa menyajikan cerita di kepala Anda, dan Anda pun akan berhasil mengubah ide cerita hingga selesai dan menjadi karya.

Faktor Pendukung yang Harus Dimiliki Penulis

Nyatanya, keterampilan menulis semata tidak cukup untuk membuat seorang penulis menjadi penulis yang andal. Maka dari itu, simak faktor-faktor pendukung berikut yang bisa membantu Anda menjadi seorang penulis yang lebih baik lagi!

1.     Partner Menulis

Seorang partner menulis bisa memotivasi dan mendukung dalam menulis. Sebaliknya, kamu juga bisa memberikan dukungan baginya. Partner menulis juga bisa membantumu mendapatkan perspektif tambahan ketika menulis.

2.     Search Engine Optimization (SEO) Dan WordPress

SEO adalah suatu teknik yang digunakan untuk optimasi website agar search engine atau mesin pencari kata bisa menemukan website tersebut dengan lebih mudah. Sedangkan, WordPress adalah salah satu situs dan sistem pengelolaan konten website yang umum digunakan.

Skill untuk pengelolaan kedua faktor ini sangat penting agar tulisan Anda lebih banyak dibaca. Terlebih, jika Anda menarget karier di berbagai pekerjaan penulis masa kini  yang membutuhkan integrasi dengan teknologi. 

3.     Media Sosial

Di era seperti ini, keterampilan pengelolaan media sosial adalah keterampilan dasar yang sangat penting. Media sosial bisa menjadi cara bagi kamu untuk mengekspos keterampilan menulis.

4.     Keterampilan Marketing

Meski terkesan tak berhubungan, keterampilan marketing bisa membantu Anda memasarkan tulisan-tulisan Anda. Tak hanya itu , jika Anda mendapatkan untuk menulis tentang suatu produk, keterampilan marketing bantu Anda menulis tulisan yang menggugah pembacanya.

5.     Teknologi

Memahami ilmu dasar teknologi bisa membantumu dalam menulis. Misal, dengan dukungan fasilitas teknologi yang tepat, Anda bisa menemukan materi riset yang tepat. Atau, Anda juga bisa mengefektifkan proses menulis dengan bantuan tools yang tepat.

6.     Konten Visual

Meski menulis adalah keterampilan yang ingin Anda asah, kemampuan untuk mengolah konten visual juga sangat membantu dalam proses penyampaian informasi berbentuk teks yang sudah Anda buat.

7.     Pengetahuan Tentang Topik yang Ditulis

Faktor terakhir ini adalah faktor yang paling penting. Apa gunanya menulis jika Anda tidak menguasai topiknya? Justru tanpa pengetahuan yang memadai, Anda bisa saja menyampaikan informasi atau detail yang salah, sehingga pembaca menjadi kebingungan atau malah mengandalkan informasi tak tepat dari tulisan Anda.

Perkuat Skill Menulis di Kelas Menulis Kaizen Writing bersama Dee Lestari!

Jika Anda kesulitan menggali potensi diri dalam menulis namun ingin menjadi penulis andal, Kuncie punya program Kelas Menulis Kaizen Writing dengan mentor yang merupakan satu penulis ternama Indonesia, Dee Lestari!

Kaizen, perbaikan kecil yang dilakukan berkesinambungan, adalah prinsip yang dijalani, diyakini, dan diterapkan oleh Dee Lestari dalam menulis. Di kelas yang diadakan bersama Kuncie ini, Dee Lestari akan menunjukkan tahap-tahap yang ia lakukan ketika menulis, hal apa saja yang perlu dicermati ketika berproses, dan berbagai perbaikan yang bisa diterapkan agar kemampuan menulis Anda terus bertumbuh.

Kali ini, Kuncie membuka pendaftaran untuk 2 batch kelas sekaligus! Simak detailnya di bawah ini!

  • Kelas Kaizen Writing batch 9

Penutupan Pendaftaran          : 30 Juli 2023

Periode Kelas                         : 31 Juli – 5 Agustus 2023

  • Kelas Kaizen Writing batch 10

Penutupan Pendaftaran          : 30 November 2023

Periode Kelas                         : 31 Oktober – 4 November 2023

Kelas Menulis Kaizen Writing bersama Dee Lestari ini terbuka untuk umum dan akan mengulas metode penulisan yang cocok bagi siapa pun yang berada di level kepenulisan mana pun. Jadi, jika Anda adalah seorang pemula, tidak masalah! Anda tetap bisa belajar menulis bersama salah satu penulis terbaik Indonesia!

Ayo kembangkan kemampuan menulis Anda di Kelas Kaizen Writing bersama Dee Lestari!

Referensi:

https://glints.com/id/lowongan/skill-yang-harus-dimiliki-penulis/#.ZEj8BHZBy3A
https://www.idntimes.com/life/education/rina-dwi-a/skill-pendukung-yang-wajib-dimiliki-penulis-c1c2-1?page=all

Artikel Terkait

Komentar