Apa itu Kelas Menulis Kaizen Writing? Simak di Sini!

April 29, 2023
Category: Creative
[sgmb id=2]

Ingin mengasah kemampuan menulismu? Ini adalah kesempatan berharga yang tidak boleh disia-siakan!

Kuncie sedang membuka serangkaian kelas menulis online Kaizen Writing, yaitu metode yang diterapkan oleh penulis ternama dari Indonesia, Dee Lestari. Mari kita bahas detail kelasnya dengan lebih mendalam!

Apa itu Kelas Menulis Kaizen Writing?

Kelas Kaizen Writing adalah program pelatihan menulis yang berprinsip pada Kaizen, yaitu perbaikan kecil yang dilakukan secara terus-menerus. Metode menulis ini diyakini dan diterapkan oleh penulis buku bestseller Indonesia, Dee Lestari.

kaizen writing
Sumber: Shutterstock

Kelas menulis ini adalah hasil kerjasama Kuncie dengan Dee Lestari, yang akan menjadi narasumber sekaligus mentor di rangkaian kelas ini. Dalam kurikulum kelas menulis online, Dee Lestari akan berbagi metode hasil pengalaman dan uji coba selama 20 tahun lebih dalam kariernya. Hal ini termasuk tahap-tahap yang dilakukan, hal penting apa saja yang perlu dicermati ketika berproses, hingga berbagai perbaikan yang bisa diterapkan agar kemampuan menulis kamu terus bertumbuh.

Siapa Mentor Kelas Menulis Kaizen Writing?

Tak ada lagi sosok yang cocok untuk menjadi mentor di kelas menulis Kaizen Writing dibanding Dee Lestari.

Dee Lestari adalah salah satu penulis garis depan di dunia perbukuan Indonesia. Menulis adalah hobi yang dilakoni Dee sejak kecil. Namun, menginjak usia remaja, Dee Lestari mulai menekuni menulis sebagai suatu mata pencaharian. Novel pertamanya, Supernova, adalah buku pertama dari seri Supernova yang kini terdiri dari 6 buku.

Saat ini, Dee Lestari sudah menerbitkan banyak novel lain yang judulnya tak asing di pasaran, seperti Madre, Perahu Kertas, Filosofi Kopi, Aroma Karsa, Rapijali, dan lainnya. Bahkan, beberapa karyanya sudah diadaptasi menjadi film layar lebar.

Apa Saja yang Dipelajari dalam Kelas ini?

Kelas Menulis Kaizen Writing dari Kuncie dilengkapi dengan kurikulum mendalam yang membantu kamu mempelajari metode menulis yang aplikatif untuk level skill kepenulisan mana pun. Jadi, jika kamu merasa masih pemula, kamu masih bisa mengikuti kelas ini.

Berikut adalah penjelasan seputar apa saja yang akan kamu pelajari jika kamu mengikuti Kelas Menulis Kaizen Writing:

1.    Memahami Ide, Peta Cerita, dan Sistem Kerja yang Berhasil

            Pada pertemuan ini, kamu akan belajar bagaimana mengolah ide yang kamu miliki menjadi suatu karya. Kamu akan diajari sistem kerja menulis yang bisa kamu terapkan secara langsung untuk mengumpulkan dan memahami ide-ide secara menyeluruh, serta menyusunnya menjadi suatu peta cerita yang rapi.

2.    Seni Bercerita: Menghidupkan Cerita & Karakter

            Pada pertemuan ini, kamu akan mempelajari seluk beluk karakterisasi dan seni menuliskan cerita. Kamu akan diajari bagaimana menggunakan kata-kata yang tepat, membuat kalimat yang pas, dan membangun karakterisasi yang menggugah agar cerita yang kamu tulis menjadi lebih hidup.

3.    Sentuhan Profesional: Riset dan Swasunting, Disiplin Kaizen

Gaya dan metode penulisan seorang penulis amatir dan penulis profesional sangatlah berbeda. Itulah mengapa rangkaian kelas menulis ini penting bagi kamu. Pada pertemuan ini, kamu akan diajarkan bagaimana riset dan menyunting tulisan diri kamu sendiri layaknya seorang penulis profesional. kamu juga akan mendalami lebih jauh lagi metode Kaizen dalam menulis.

Bagaimana Metode Pembelajaran yang Diterapkan di Kelas ini?

Ada tiga metode pengajaran yang diterapkan di rangkaian kelas menulis Kaizen Writing ini. Ketiga metode ini dipilih untuk mengoptimalkan penyerapan ilmu oleh peserta sekaligus memaksimalkan jumlah materi yang bisa disampaikan oleh mentor selama durasi rangkaian kelas. Ketiga metode pengajaran tersebut adalah sebagai berikut:

1.    Self-Learning

Dengan metode pembelajaran ini, kamu akan belajar secara mandiri melalui hand out atau modul yang berisikan materi penting terkait pembelajaran.

2.    Live In-Class Learning

Metode pembelajaran live in-class learning adalah pembelajaran secara online, live via Zoom dalam bentuk pemaparan materi oleh mentor.

3.    Q&A Session

Melalui sesi ini, kamu dapat mengajukan pertanyaan seputar materi pembelajaran yang akan dijawab langsung oleh mentor.

Siapa yang Cocok Ikut Kelas Ini?

Kelas menulis ini cocok diikuti oleh semua orang. Tapi, ada dua jenis orang yang wajib mengikuti kelas ini, yaitu:

1.    Aspiring Writer

Bagi kamu yang baru saja merasa tertarik untuk menekuni dunia kepenulisan, kelas ini wajib kamu ikuti. Kamu tidak hanya mendapatkan ilmu dasar kepenulisan, tapi juga pengetahuan teknis tambahan yang bisa membantu kamu mengembangkan kemampuan menulis kamu dengan pesat!

2.    Professional

kamu yang memiliki profesi penulis juga sangat cocok mengikuti kelas menulis ini. Kelas menulis ini bisa membantu kamu mendapatkan perspektif baru dalam menulis, sekaligus memperkenalkan metode menulis baru yang mungkin lebih cocok diterapkan oleh kamu!

Jika kamu tidak merasa termasuk ke dalam kedua kategori tersebut, jangan khawatir! Kelas Menulis Kaizen Writing masih terbuka untuk kamu!

Mengapa kamu Harus Mengikuti Kelas Kaizen Writing?

Tentunya tujuan terbesar mengikuti kelas menulis adalah untuk mengasah kemampuan menulis. Namun, dengan mengikuti kelas menulis Kaizen Writing dari Kuncie, kamu akan mendapatkan lebih banyak manfaat lagi. Simak penjelasannya di bawah ini!

Belajar dari Ahlinya

Belajar menulis dari Dee Lestari yang sudah berkarier sebagai penulis profesional selama lebih dari 20 tahun dan berhasil menerbitkan sederet buku bestseller seperti Supernova, Perahu Kertas, Filosofi Kopi, dan sebagainya.

Pengembangan Kemampuan

Kelas Kaizen Writing konsisten mendapatkan ulasan positif dari setiap angkatan. Mayoritas peserta merasakan manfaat nyata dari materi & cara pengajaran Dee Lestari, dan merasakan bahwa kemampuan menulis mereka berkembang pesat berkat kelas menulis ini.

Diskusi dalam Komunitas

Kelas Kaizen Writing telah mencetak lebih dari 2.000 alumnus. Kamu pun berkesempatan bergabung dalam komunitas Alumni Kaizen Writing dan berjejaring dengan peserta lainnya yang memiliki passion di bidang menulis.

Materi dalam Bentuk Rekaman dan Modul

Peserta kelas menulis akan mendapatkan handout & rekaman audio kelas yang bisa diakses kapan saja saat ingin mempelajari materi kembali.

Sertifikat

Peserta akan mendapatkan sertifikat elektronik yang dapat menjadi nilai tambah untuk meningkatkan kredibilitas kamu dalam dunia kepenulisan.

Pendaftaran Dibuka, Ayo Daftarkan Diri kamu!

Yuk belajar menulis dengan Dee Lestari! Kelas Kaizen Writing Dee Lestari ini terbuka untuk umum, dan kali ini, Kuncie membuka pendaftaran untuk 2 batch kelas sekaligus! Simak detailnya di bawah ini!

  • Kelas Kaizen Writing batch 9

Penutupan Pendaftaran         : 30 Juli 2023

Periode Kelas                         : 31 Juli – 5 Agustus 2023

  • Kelas Kaizen Writing batch 10

Penutupan Pendaftaran         : 30 November 2023

Periode Kelas                         : 31 Oktober – 4 November 2023

Ayo asah kemampuan menulismu dengan mengikuti Kelas Kaizen Writing bersama Dee Lestari!

Referensi:

https://wp.kuncie.com/kaizen-writing/

Artikel Terkait

Komentar