Suka Minum Kopi? Cek 14 Jenis Mesin Kopi Ini!

February 20, 2023
Category: Creative
[sgmb id=2]

Tiada kesan tanpa kehadiran secangkir kopi. Kalimat tadi rasanya sangat pas untuk menggambarkan hari-hari para pecinta kopi. Selain rasanya yang enak, sederet manfaat dari kopi membuat minuman ini banyak digandrungi. Banyak orang yang mengandalkan kopi sebagai hidangan penyemangat sebelum beraktivitas, teman untuk menjaga konsentrasi saat bekerja, atau penjaga untuk tetap terbangun di malam hari.

CTA Coffee Academy
Yuk Belajar Jadi Barista di Coffee Academy by Kuncie Sekarang Juga!

Tapi, kebiasaan minum kopi juga memiliki dampak kurang baik, yang salah satunya adalah boros. Hal ini terutama terjadi pada mereka yang setiap hari membeli kopi di kedai kopi. 

Untuk membantumu lebih hemat dalam jangka panjang, kamu bisa mencoba untuk membuat kopi sendiri menggunakan mesin kopi.

Kuncie punya rekomendasi 14 jenis mesin kopi yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhanmu. Mau tau apa saja? Simak terus artikel ini, ya!

Baca Juga: Berikut Ini adalah 10 Jenis Biji Kopi Populer yang Pecinta Kopi Wajib Tahu

Apa itu Mesin Kopi?

Jenis Mesin Kopi
Sumber: Unsplash

Mesin kopi, yang biasa juga disebut pembuat kopi atau alat pembuat kopi, adalah salah satu alat memasak yang secara spesifik digunakan untuk menyeduh kopi. Fungsinya tentu saja untuk mengolah, membuat, atau menggiling biji kopi menjadi minuman kopi siap saji. 

Meski ada banyak jenis mesin kopi, namun setiap mesin kopi pasti menggunakan dua prinsip umum brewing. Dua prinsip tersebut ialah menggunakan gravitasi atau tekanan untuk memindahkan air panas melalui bubuk kopi.

Jenis-Jenis Mesin Kopi

Setelah mengetahui definisi dari mesin kopi, sekarang saatnya untuk mengulas 14 jenis mesin kopi. Yuk disimak!

Drip Coffee Maker

Drip Coffee Maker adalah mesin kopi yang terbilang paling mudah digunakan dan familiar di mata para pecinta kopi. Mesin kopi ini juga sangat efisien karena dapat digunakan untuk menyeduh 1-14 cangkir kopi. 

Selain itu, beberapa Drip Coffee Maker memiliki sistem penyeduhan tambahan seperti dispenser air panas yang kompatibel dengan K-cup, sehingga cukup fungsional. Menyimpan Drip Coffee Maker di rumah juga terbilang hemat ruang karena tersedia dalam berbagai ukuran dan bentuk.

Namun sebagai pertimbangan, mesin kopi drip cenderung lebih sulit untuk dibersihkan karena bukaan mesinnya yang sempit.

Pour-Over Coffee Maker

Pour-Over Coffee Maker adalah salah satu mesin kopi yang menawarkan cara penyeduhan yang lebih lembut. Hasil seduhan mesin kopi Pour-Over terbilang banyak karena cukup untuk mengisi secangkir kopi penuh. Hanya saja, membuat kopi menggunakan Pour-Over Coffee Maker akan memakan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan metode lainnya.

Single-Serve Capsule Coffee Maker

Para pecinta kopi pasti sudah tidak asing dengan brand Keurig, kan? Keurig adalah salah satu merek pertama yang memperkenalkan Single-Serve Capsule Coffee Maker

Wadah air pada Single-Serve Capsule Coffee Maker membuat proses pembuatan kopi dengan mesin kopi ini menjadi sangat praktis. Dengan wadah air, kamu tidak perlu mengisi air terlebih dahulu setiap ingin membuat kopi. 

Namun sayangnya, mesin kopi ini mungkin tidak terlalu akan membantumu untuk berhemat. Hal ini dikarenakan kapsul dibandrol dengan harga yang mahal. Selain itu, penggunaan mesin kopi Single-Serve Capsule bisa membuat kopi terasa lebih light. Jadi, mesin kopi ini kurang cocok bagi pecinta kopi dengan rasa yang kuat.

French Press Coffee Maker

Mesin kopi French Press bekerja dengan merendam bubuk kopi secara lembut ke dalam air yang baru direbus untuk membuat secangkir kopi penuh. Waktu yang disarankan untuk merendam bubuk kopi di French Press Coffee Maker adalah empat menit. Namun, semakin lama kopi direndam, akan semakin kuat rasanya. Kekurangan dari mesin kopi ini adalah seduhannya lebih cepat dingin.

AeroPress Coffee Maker

AeroPress Coffee Maker adalah mesin kopi manual yang bisa dibeli di marketplace. Karena itu, mesin kopi ini bisa dipakai dengan mudah di rumah dan proses pembersihannya cepat, terutama jika dibandingkan dengan French Press Coffee Maker. Mesin kopi ini adalah andalan para pecinta espresso, americano, dan kopi cold brew, lho!

Cold Brew Coffee Maker

Mesin kopi Cold Brew bekerja dengan menyeduh biji kopi yang digiling kasar dalam suhu dingin semalaman. Kopi yang telah berhasil diseduh kemudian disalurkan ke wadah lain untuk disajikan. Hasil dari Cold Brew Coffee Maker dapat kamu simpan di kulkas hingga 14 hari.

Espresso Coffee Maker

Seperti namanya, mesin kopi espresso adalah mesin yang diperuntukkan khusus untuk membuat minuman berbasis espresso. Ada mesin kopi espresso manual dan otomatis yang semuanya bekerja dengan memanaskan air dan mengalirkannya melalui bubuk kopi yang ditekan dengan tekanan tinggi. 

Stovetop Coffee Maker

Hasil dari Stovetop Coffee Maker adalah secangkir kopi yang sangat gelap, dan dapat digunakan sebagai bahan dasar yang kokoh untuk cappucino dan latte. Proses brewing menggunakan mesin kopi ini relatif cepat. Namun, jika kamu adalah seseorang yang multitasking, kamu perlu berhati-hati dalam menggunakan mesin kopi ini. Kamu harus memperhatikan waktu penyeduhan karena jika kopi diseduh terlalu lama, kopi rentan hangus.

Grind and Brew Coffee Maker

Mesin kopi ini memungkinkan kamu untuk menggiling biji kopi lalu menyeduhnya. Banyak orang menyukai Grind and Brew Coffee Maker karena hasil seduhannya terasa lebih segar. Kekurangan dari mesin kopi ini adalah ketahanannya terhadap kerusakan yang rendah dan harus dibersihkan secara berkala.

Turkish Coffee Maker (Ibrik)

Mesin ini digunakan untuk membuat kopi turki. Metode pembuatannya menggunakan panci kecil yang akan dipanaskan di atas kompor. Hasil seduhan mesin ini adalah kopi tanpa filter yang sangat kuat. Beberapa orang suka menambahkan gula ke dalam panci saat diseduh agar menambah rasa.

Steeped Coffee

Steeped Coffee adalah metode pembuatan kopi yang mirip dengan pembuatan teh seduh. Kopi ini sangat praktis karena dikemas dalam baggies yang dapat dibawa kemana-mana. Untuk menyeduhnya, kamu cuma memerlukan cangkir dan segelas air hangat.

Vietnamese Coffee Maker (Phin)

Vietnamese Coffee Maker atau yang juga dikenal dengan nama Phin, adalah Pour-Over Coffee Maker versi kecil. Mesin kopi ini terbuat dari logam dan cocok untuk menyeduh biji kopi yang lebih halus.

Siphon Coffee Maker

Menggunakan Siphon Coffee Maker akan terasa satisfying karena kamu bisa melihat secara langsung bagaimana kopi menetes sedikit demi sedikit selama proses ekstraksi. Selain itu, bentuk mesin kopi ini memberikan kesan elegan, sehingga bisa menjadi penunjang untuk mempercantik interior rumah.

Mesin kopi ini cocok bagi penggemar berat kopi karena dibutuhkan keahlian khusus untuk bisa mengoperasikannya. Hal ini dikarenakan proses ekstraksi kopi dengan mesin ini menggunakan tekanan uap yang cukup sulit jika dilakukan oleh pemula. 

Percolator Coffee Maker

Percolator Coffee Maker adalah mesin kopi yang terbilang senior bila dibandingkan dengan Drip Coffee Maker. Mesin kopi ini akan menghasilkan secangkir kopi dengan aroma yang sangat kuat dalam waktu yang cepat. Ada Percolator Coffee Maker yang digunakan di atas kompor, tapi tak sedikit juga yang bisa digunakan dengan tenaga listrik.

Baca Juga: 11 Tips Untuk Menyeduh Kopi Enak Di Rumah

Mahir Mengoperasikan Mesin Kopi dengan Cara Ini!

Masih ragu untuk membeli mesin kopi karena takut bingung saat menggunakannya? Gak perlu bingung! Kuncie punya solusi untuk biar kamu gak ragu lagi!

Dengan ikutan kelas  Komplit Academy Coffee by Kuncie, kamu bisa belajar langsung bersama Almira Marcelani, AST (Coffee Diploma) & Q Arabica Grader, lho! Kelas ini memberikan kamu akses untuk belajar face-to-face setiap hari Sabtu dengan materi sebagai berikut:

  • Pengenalan tentang Kopi dan Alat-alatnya
  • Menu Barista dan Teknik Milk Frothing
  • Teknik Membuat Espresso

Gimana? Tertarik gak sama materinya? Langsung aja yuk daftarkan dirimu melalui halaman ini!

Referensi:

https://en.wikipedia.org/wiki/Coffeemaker#:~:text=December%202022,hot%20water%20through%20coffee%20grounds.
https://www.goodhousekeeping.com/appliances/coffee-maker-reviews/a29554331/types-of-coffee-makers/

Artikel Terkait

Komentar