Jenis-Jenis Leadership Training untuk Pemimpin di Perusahaan

May 15, 2023
Category: Business
[sgmb id=2]

Tidak semua orang memiliki skill leadership, tapi skill leadership bisa ditanamkan dan diasah agar lebih tajam. Salah satu caranya adalah dengan mengikuti Leadership Training. Leadership training kerap diadakan di perusahaan-perusahaan dengan tujuan membangun kapasitas kepemimpinan di karyawan yang akan dipromosikan untuk menjadi pemimpin.

Untuk bisa membuat program leadership training yang tepat sasaran, Anda perlu mengenal definisi dan jenis-jenis leadership training yang ada. Ayo kita bahas di artikel ini!

Definisi Leadership Training

Secara harfiah, leadership training adalah program pelatihan yang ditujukan bagi sekelompok orang untuk mengembangkan kemampuannya dalam memimpin. Hal ini dilakukan dengan cara pelatihan yang fokus membahas aspek-aspek dalam kepemimpinan.

Melalui pelatihan ini, para pemimpin dalam suatu perusahaan maupun organisasi bisa lebih efektif dalam menjadi seorang pemimpin. Baik dalam aspek penguasaan tanggung jawabnya, mengatur strategi dan kebijakan, bahkan ketika membimbing timnya dalam bekerja.

Siapa yang Bisa Menjalani Pelatihan Kepemimpinan?

jenis leadership training
Sumber: Pexels

Pelatihan kepemimpinan atau leadership training dapat membawa manfaat bagi semua. Tapi, ada tiga sosok yang akan mendapatkan banyak manfaat dari pelatihan kepemimpinan, yaitu:

1.     Pemimpin baru

2.     Profesional pemula hingga pertengahan karier

3.     Jajaran eksekutif dan direktur

Jenis-Jenis Leadership Training

Ada beberapa jenis leadership training yang ada. Masing-masing memberikan manfaat yang berbeda-beda. Simak penjelasannya di bawah ini.

1.    Menghadiri Konferensi untuk Pengembangan Interpersonal Skill

            Interpersonal Skill adalah salah satu skill yang sangat penting, namun kerap tidak dimiliki oleh seorang pemimpin. Menghadiri suatu konferensi, baik yang fokus membahas interpersonal skill maupun yang membahas topik lain, menjadi media yang baik untuk bersosialisasi dan mengasah skill tersebut.

2.    Strategic Exposure

Strategic exposure meliputi banyak faktor, seperti pertemuan, kelas di universitas, dan workshop. Selain untuk mengekspos diri pemimpin dan perusahaan, kegiatan seperti ini juga melatih sifat kepemimpinan seseorang.

3.    Pelatihan Micro-Development melalui Coaching dan Mentorship

Micro-mentoring adalah suatu contoh pelatihan kepemimpinan yang kini digunakan banyak perusahaan untuk membuka kesempatan bagi pemimpin untuk belajar dari pemimpin lain. Orang-orang yang telah ditunjuk sebagai micro-mentors bisa memberikan arahan bagi pemimpin-pemimpin baru pada program di waktu yang spesifik dengan objektif yang spesifik.

4.    E-Learning Interaktif

Konsep e-learning membantu pemimpin menjaga kualitas dan kapabilitas timnya, baik untuk soft skill maupun hard skill yang relevan dengan pekerjaannya. Dengan e-learning, pemimpin bisa menggunakan berbagai media untuk melakukan hal ini, baik dengan quiz, video, dan konten-konten lainnya.

5.    Pelatihan untuk Melibatkan Komunitas

Dengan berkolaborasi bersama organisasi lokal, seorang pemimpin bisa mendapatkan pengalaman langsung dalam mengambil keputusan, menjalin relasi, dan membuat keputusan dengan cepat. Tak hanya itu, hal ini juga membantu pemimpin menjadi lebih membumi dan dekat dengan target pasar.

Dapatkan Pelatihan Kepemimpinan Terbaik yang Tepat Sasaran di LeaderSolve Solutions dari Kuncie!

Agar dapat mencapai tujuan utamanya, yaitu mengembangkan kemampuan dan keahlian karyawan untuk menjadi pemimpin, Anda harus memastikan bahwa pelatihan kepemimpinan yang Anda gelar dibawakan oleh ahlinya. Tak hanya itu, Anda pun harus memastikan bahwa materi yang disampaikan sudah sesuai dengan kebutuhan dan topik yang dicari.

Kini, terdapat solusi mudah bagi Anda yang ingin mengadakan pelatihan kepemimpinan. Kuncie membuka program LeaderSolve Solutions!

LeaderSolve Solutions adalah program pengembangan skill leadership dari Kuncie untuk eksekutif level menengah hingga senior. Program ini dibawakan oleh para ahli di bidangnya, dan dilengkapi oleh pelatihan yang di-customized, pengalaman belajar secara real-time, kesempatan networking antar rekan, dan metode pengajaran dalam berbagai bentuk. Program ini dibuat untuk membantu perusahaan membangun tim yang terampil dan efektif!

Ayo kembangkan kemampuan tim Anda dan bangun tim yang optimal bersama Kuncie LeaderSolve Solutions!

Referensi:

https://www.indeed.com/career-advice/career-development/importance-of-training
https://www.betterup.com/blog/benefits-of-leadership-training
https://projectionsinc.com/abetterleader/examples-of-leadership-training/

Artikel Terkait

Komentar