Jenis-jenis Fotografi Paling Populer, Kamu Harus Tahu!

August 23, 2023
Category: Creative
[sgmb id=2]

Para pencinta fotografi pasti sudah tidak asing dengan jenis-jenis fotografi. Fotografer pemula biasanya akan mencoba beberapa jenis fotografi sampai akhirnya menemukan satu jenis yang cocok untuk dirinya. Eksplorasi berbagai jenis fotografi akan membuat kemampuan fotografi semakin terasah. 

Sejak tren dan teknologi dalam fotografi terus berkembang, beberapa jenis fotografi baru telah muncul dalam beberapa tahun terakhir. Hingga kini, ada banyak sekali jenis fotografi yang bisa didalami oleh fotografer. Apa saja? Berikut adalah jenis-jenis fotografi paling populer dan harus kamu ketahui!

Jenis-jenis Fotografi

Beberapa jenis fotografi paling populer hingga kini adalah sebagai berikut. 

1. Fotografi Potret

Bisa dibilang fotografi potret adalah jenis fotografi yang sangat populer. Bukan hanya fotografer, orang-orang biasa pun mempraktikkan jenis fotografi ini menggunakan ponsel. Kunci dari jenis fotografi ini adalah pencahayaan, bayangan, dan jarak. Biasanya fotografer memakai angle close up untuk menangkap ekspresi model dengan baik. 

Fotografi potret berfokus pada orang atau kelompok dengan membidik wajah, ekspresi, dan karakteristik unik individu atau kelompok tersebut. Fotografi potret sering digunakan dalam portofolio, media sosial, dan majalah. Contohnya saja foto kelulusan, foto keluarga, foto model, dan sebagainya.

2. Fotografi Lanskap

Jenis fotografi yang satu ini sangat digemari oleh para traveller. Fotografi lanskap berfokus untuk mengabadikan keindahan alam dan lingkungan sekitar. Umumnya fotografi ini menggunakan mode horizontal, namun ada pula yang menggunakan mode vertikal untuk membidik pohon tinggi misalnya. 

Ponsel pintar era kini biasanya sudah memiliki pilihan lanskap dalam pengaturan kameranya, sehingga memudahkan para fotografer lanskap. Fotografer lanskap bekerja sepanjang hari, dari matahari terbit hingga terbenam untuk menangkap pemandangan alam yang menakjubkan. Contoh dari jenis fotografi lanskap adalah foto gunung, foto sungai, foto pantai, dan lainnya.

3. Fotografi Jalanan

Fotografi jalanan atau street photography bertujuan untuk mengabadikan momen-momen kehidupan sehari-hari di jalanan perkotaan atau pedesaan. Fotografer jalanan biasanya melakukan observasi terlebih dahulu kepada target yang ingin dibidik demi mendapatkan hasil menarik. Mereka juga tidak berinteraksi langsung dengan target agar pose yang ditangkap tetap natural. 

Fotografi jalanan berfokus pada momen-momen spontan yang mencerminkan kehidupan manusia, interaksi sosial, ekspresi, dan emosi. Contoh dari jenis fotografi ini adalah foto pertokoan di pinggir jalan, foto pasukan oranye yang sedang bekerja membersihkan jalanan, foto orang yang berjualan makanan keliling, foto orang-orang yang berjalan di trotoar, dan sebagainya.

4. Fotografi Makro

Fotografi makro berfokus untuk memotret objek dari jarak yang sangat dekat. Dengan demikian, lensa bisa menangkap detail kecil yang mungkin tidak terlihat oleh mata telanjang. Umumnya fotografi jenis menggunakan lensa khusus demi mendapatkan hasil terbaik. Kamera yang digunakan biasanya DSLR atau mirrorless.

Fotografi makro banyak digunakan untuk bahan-bahan makanan, hewan-hewan kecil, atau benda dan objek alam yang kecil. Contoh dari fotografi jenis ini adalah foto buah-buahan, foto kelopak bunga, foto tetes air di daun, foto serangga di dahan, foto miniatur, foto action figure, dan banyak lainnya. 

5. Fotografi Fashion

Fotografi fashion berfokus pada pakaian, aksesori, dan gaya hidup. Fotografer fashion sering bekerja untuk majalah, perusahaan pakaian, sepatu, atau aksesori. Mereka harus bisa menangkap keindahan desain pakaian dan motifnya. Contoh dari jenis fotografi ini adalah foto pakaian, sepatu, tas, dan aksesori yang dikenakan oleh model. 

6. Fotografi Kuliner

Fotografi kuliner bertujuan untuk menampilkan makanan dan minuman dengan cara yang menarik dan menggugah selera. Banyak detail yang harus diperhatikan oleh fotografer kuliner, mulai dari tekstur, kesegaran, hingga warna. Fotografi kuliner banyak digunakan di restoran, buku masak, dan media kuliner. Contoh dari jenis fotografi ini adalah foto menu restoran, foto makanan untuk konten media sosial, dan lain-lain.

7. Fotografi Arsitektur

Fotografi arsitektur berfokus pada bangunan dan struktur arsitektur. Umumnya fotografi ini membidik sisi simetris dan artistik dari bangunan. Fotografer arsitektur bekerja dengan klien di bidang arsitektur atau real estate. Contoh dari jenis fotografi ini adalah foto masjid, foto gereja, foto gedung perkantoran, dan sebagainya.

8. Fotografi Travel

Fotografi travel atau perjalanan mencakup gambar-gambar dari tempat wisata, budaya, dan kehidupan sehari-hari di berbagai destinasi di seluruh dunia. Tujuan dari fotografi ini adalah untuk menyampaikan pengalaman, keindahan alam, budaya, dan keunikan. Contoh dari fotografi jenis ini misalnya foto jalanan menuju tempat wisata, foto lingkungan hotel, dan lain-lain. 

9. Fotografi Still Life

Fotografi still life berfokus pada benda-benda yang mempunyai fungsi tertentu. Benda tersebut disusun sedemikian rupa agar menciptakan komposisi yang estetis dan menarik. Hal yang harus diperhatikan dari fotografi ini adalah tata letak, pencahayaan, dan latar belakang. Contoh fotografi ini misalnya foto beberapa skincare di atas meja. 

10. Fotografi Commercial Advertising

Fotografi commercial advertising adalah jenis fotografi dengan tujuan promosi atau iklan. Proses pengambilan gambar dibuat semenarik mungkin dengan bantuan editing dan computer graphics. Jenis fotografi ini mempunyai cakupan yang sangat luas, contohnya foto makanan, fashion, skincare, dan lain-lain. 

11. Fotografi Wedding

Sesuai namanya, fotografi wedding bertujuan untuk menangkap momen penting seseorang dalam serangkaian acara pernikahan. Fotografi ini umumnya dimulai dari prewedding, acara sebelum menikah, sampai pernikahan itu sendiri. Wedding photography membutuhkan fotografer yang berpengalaman, karena dibutuhkan keahlian dalam menangkap momen-momen penting.

12. Fotografi Panggung

Fotografi panggung atau stage photography bertujuan untuk menangkap momen-momen menarik di sebuah konser. Fotografi ini cukup menantang, karena tata cahaya (lighting) yang sering berubah-ubah. Gerakan orang yang tampil di atas panggung juga sulit untuk diprediksi. Maka dari itu, perlu banyak latihan untuk menguasai fotografi jenis ini. 

13. Fotografi Wildlife

Fotografi wildlife berfokus pada kehidupan alam liar di habitat aslinya. Aneka jenis hewan yang bebas berkeliaran di alam liar adalah objek utama dari jenis fotografi ini. Wildlife photography umumnya hanya dilakukan oleh para fotografer profesional yang bekerja untuk sebuah media khusus yang bergerak di ranah flora dan fauna.

14. Fotografi Jurnalisme

Fotografi jurnalisme bertujuan untuk menyajikan foto yang memiliki cerita atau nilai berita. Foto jurnalisme ini dilakukan oleh fotografer yang merupakan kontributor utama dari sebuah media. Foto tersebut selanjutnya akan digunakan untuk keperluan penayangan berita atau publikasi di media massa.

15. Fotografi Olahraga

Fotografi olahraga adalah jenis fotografi yang berfokus pada gambar aksi dan momen penting selama acara olahraga atau kegiatan atletik. Tujuannya adalah untuk mengabadikan momen-momen menarik, ekspresi, emosi, dan keberanian para atlet dalam aksi, serta untuk menyampaikan kegembiraan dan intensitas peristiwa olahraga.

Kuasai Berbagai Teknik Fotografi dengan Mengikuti Kuncie Jago!

Tren fotografi dapat berubah dari waktu ke waktu dan popularitas jenis fotografi dapat bervariasi tergantung pada kepentingan dan preferensi masyarakat. Untuk itu, diperlukan skill yang mumpuni agar fotografer tetap bertahan di industri. Terlebih jika kamu adalah seorang fotografer pemula. 

Kabar baiknya, Kuncie memiliki kelas fotografi yang bisa diikuti oleh fotografer untuk mengupgrade skill. Di Kuncie Jago, kamu akan mendapat materi lengkap dan waktu belajar yang fleksibel. Kamu juga akan dibimbing oleh mentor profesional dan berpengalaman. Kamu bisa mengikuti Kuncie Jago “Mulai Perjalanan Karier Fotografer” atau “Teknik Dasar Fotografi Produk” bersama mentor Martha Suherman yang merupakan fotografer ahli. Ayo, daftarkan dirimu sekarang juga!

Referensi :

https://www.artinstitutes.edu/about/blog/38780-v2-7-types-of-photography-styles-to-master  https://www.pixpa.com/blog/types-of-photography  https://blog.upskillist.com/types-of-photography/  https://doss.co.id/news/ada-17-jenis-fotografi-pilihlah-niche-mana-yang-cocok-untukmu  https://adjar.grid.id/read/543346447/10-jenis-fotografi-dan-penjelasannya?page=all 

Artikel Terkait

Komentar