Pentingnya Integritas dalam Kepemimpinan

February 7, 2023
Category: General
[sgmb id=2]

Jelang Pemilu Serentak 2024, apakah kamu sudah punya incaran kandidat yang akan jadi pemimpin untuk mewakili aspirasi politikmu? Jika belum, maka ini saat yang tepat untuk mulai merefleksikan sosok seperti apa sih yang patut dijadikan pemimpin? Dilansir dari buku “The Character of Leadership: Nine Qualities that Define Great Leaders” karangan Jeff Iorg paling tidak ada sembilan karakter yang harus dikembangkan dalam diri seorang pemimpin, salah satunya adalah memelihara integritas. 

Mengapa integritas penting dimiliki oleh seorang pemimpin? Dr. Ari Pradhanawati, salah satu dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UNDIP, dalam salah satu paparannya menyebutkan bahwa pemimpin berintegritas adalah pemimpin yang mampu memimpin rakyatnya dengan baik. Kok bisa, ya? Apa sebenarnya makna dari integritas itu sendiri? Bagaimana caranya membangun integritas? Mengapa memelihara integritas itu penting? Temukan jawabannya pada artikel di bawah ini, ya. Selamat membaca sampai akhir.

Apa itu Integritas?

Integritas adalah sebuah sikap yang dihasilkan dari penerapan prinsip moral yang tinggi dan tanpa kompromi mematuhinya. Integritas juga dapat didefinisikan sebagai praktik melakukan hal yang benar menurut moral dan nilai-nilai yang dipercaya, sepanjang waktu. 

Integritas bukanlah talenta yang dibawa sejak lahir, melainkan sikap yang dibangun dalam perjalanan bertumbuh dengan moral dan keyakinan yang dipercaya. Integritas dapat terlihat ketika seseorang harus memutuskan sesuatu atau memulai langkah baru. Misalnya, ketika seseorang teguh pada pendiriannya untuk berperilaku jujur meski dalam kondisi sulit dan di bawah tekanan, ia tidak mengambil jalan pintas dan nekat melakukan pelanggaran, di situ sikap integritasnya terlihat.

Baca Juga: Memahami Apa itu Etika Politik

Karakteristik Integritas

Integritas melibatkan ketaatan pada seperangkat prinsip moral dan etika tertentu, yang dapat diklasifikasikan sebagai karakteristik integritas, seperti:

1. Rasa Hormat (Respect)

Orang-orang yang memiliki integritas selalu tahu menempatkan diri di mana saja ia berada. Mereka akan menghormati siapa saja tanpa memandang latar belakang orang tersebut. Rasa hormat akan tampak pada setiap perkataan dan tindakan yang dilakukan oleh orang-orang yang memiliki integritas. Rasa hormat juga akan terlihat ketika seseorang mempertimbangkan ide dan perasaan orang lain dalam segala kondisi.

2. Kejujuran (Honesty)

Kejujuran, meski kadang sulit untuk diucapkan dan diterima oleh orang yang mendengar, namun sikap ini adalah landasan penting dari sebuah integritas. Tidak mungkin seseorang memiliki integritas jika ia tidak jujur. Berperilaku jujur artinya tidak ada yang disembunyikan, semua transparan baik pada tindakan maupun ucapan.

3. Elegan (Grace)

Tidak semua keadaan akan berjalan sesuai dengan rencana. Sikap anggun atau elegan ini yang kemudian akan membedakan respon seseorang yang memiliki integritas atau tidak. Sikap elegan yang dimaksud seperti, menerima kemenangan dan kekalahan dengan lapang dada, meminta maaf dan menerima maaf atas kondisi buruk yang terjadi, menjaga jarak dari lingkungan yang tidak disukai, dan lain sebagainya. Seseorang dengan integritas akan dapat menunjukkan etiket yang baik dalam merespons kondisi yang mengecewakan. 

4. Tanggung Jawab (Responsibility)

Orang yang bertanggung jawab adalah orang yang tahu apa saja yang menjadi tugasnya dan menjalankannya. Orang yang bertanggung jawab juga dapat terlihat melalui sikap yang ditunjukkan atas kesalahan yang dilakukan. Jika seseorang melepas tanggung jawab dan mencari alasan atas kesalahan yang diperbuat, maka orang tersebut jauh dari sikap integritas.

5. Kesabaran (Patience)

Kesabaran adalah sebuah kapasitas untuk menoleransi keadaan yang berhubungan dengan keterlambatan, penundaan, dan masalah, tanpa diiringi rasa kesal atau marah. Berperilaku sabar juga mengingatkan kita akan adanya sebuah proses yang memang harus dilalui untuk menuju capaian yang diinginkan, dan sebuah jalan pintas oleh karena ketidaksabaran bisa saja menuntun kita pada hal yang salah dan mencederai integritas yang dibangun. 

6. Kerja Keras (Hard Work)

Bekerja keras bisa jadi memiliki bentuk yang berbeda bagi setiap orang, misalnya bekerja dengan durasi 60 jam setiap minggu bagi beberapa orang akan terasa berat, namun, bagi sebagian lagi bisa jadi itu merupakan hal yang biasa. Oleh karena itu, bekerja keras tidak hanya dapat dilihat dari durasi seseorang bekerja, tapi juga dapat dilihat dari kemauan mereka untuk turun tangan, bersedia melakukan pekerjaan yang diberikan, dan membantu orang lain yang membutuhkan. Dalam dunia pekerjaan atau organisasi, kamu akan menemukan orang-orang yang memiliki integritas adalah mereka yang melakukan pekerjaannya dengan sungguh-sungguh, dan bisa jadi mereka bukanlah seseorang yang mendapat penghargaan atas suksesnya sebuah pekerjaan. 

7. Akuntabilitas (Accountability)

Akuntabilitas adalah sebuah sikap yang menunjukkan rasa tanggung jawab dan kejujuran pada setiap perkataan dan perbuatan. Akuntabilitas dapat dikelola dengan 7 C’s of accountability (Peter Myers, 2018), yaitu:

  1. Culture/budaya, menyediakan sebuah ruang di mana seluruh anggota dapat berdaya dan diberi kepercayaan untuk mengambil keputusan sesuai dengan perannya.
  2. Competency/kompetensi, adanya keterampilan, pengalaman, dan sumber daya untuk melakukan pekerjaan secara konsisten.
  3. Clarity/kejelasan, seluruh tugas, tanggung jawab, dan ruang lingkup pekerjaan telah terdefinisi dengan jelas.
  4. Commitment/komitmen, suatu keadaan di mana setiap orang secara sadar mengambil peran dalam sebuah tugas atau pekerjaan.
  5. Collaboration/kolaborasi, adanya sikap saling mendukung antar satu dengan yang lain untuk mencapai tujuan pekerjaan.
  6. Communication/komunikasi, komunikasi yang baik dan berkelanjutan, khususnya terkait harapan dan kebutuhan para pemangku kepentingan terkait.
  7. Consequence/konsekuensi, adanya konsekuensi yang jelas bagi diri sendiri, tim, pihak luar, dan para pemangku kepentingan jika kita gagal memenuhi komitmen.

Cara Membangun Integritas

Kamu sudah mengenal apa itu integritas dan bagaimana karakteristiknya. Meski mungkin terkesan mengintimidasi karena berhubungan dengan moral dan prinsip, namun, dalam menjalani kehidupan, setiap orang membutuhkan kompas moral yang akurat untuk memastikan kita telah berjalan di jalan yang benar. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk membangun integritas diri.

1. Tentukan moral dan nilai-nilai diri

Dalam menentukan moral dan nilai-nilai diri, kamu perlu mengambil waktu khusus untuk rehat sejenak dan melakukan refleksi mendalam tentang perjalananmu hingga saat ini. Kamu juga dapat melakukan meditasi atau pendekatan lainnya yang dapat membantumu memetakan konsep moral dengan hati dan pikiran yang jernih. Setelah itu, kamu dapat melihat nilai-nilai penting apa yang kamu perjuangkan di masa lalu ketika menghadapi sebuah masalah. Moral dan prinsip seperti apa yang ingin kamu tunjukkan ketika menghadapi sebuah masalah atau dilema di masa depan? Hal-hal yang berhubungan dengan tindakan benar dan salah sesuai norma dan nilai-nilai ini yang dapat menjadi landasan untuk membangun integritas. 

2. Temukan cara untuk menekankan moral tersebut dalam kehidupan sehari-hari

Ketika kamu sudah menemukan moral dan prinsip yang penting untukmu, kamu dapat mulai menyelaraskannya dengan tindakan dan ucapanmu sehari-hari. Perlu diingat, bahwa integritas membutuhkan empati dalam pertimbangannya dan keberanian pada penerapannya, dan ini dilakukan bahkan dalam kondisi tersulit sekali pun. 

3. Lakukan untuk diri sendiri

Bicara integritas adalah bicara tentang nilai-nilai dari dalam diri sendiri, karena integritas adalah sikap yang terus dilakukan meski tidak ada siapa pun yang melihat. Jadi, di satu sisi kamu tidak perlu memikirkan apa pendapat orang lain tentang moral dan prinsip yang kamu ambil, tetapi di sisi lain, kamu juga perlu mendengarkan secara aktif pemikiran dan pendapat orang yang kamu percaya agar dapat memperkaya perspektif yang kamu miliki.

Mengapa Integritas Penting dalam Kepemimpinan?

Integritas merupakan sikap kepemimpinan yang paling penting dalam masyarakat karena setiap kata dan perbuatannya selaras, tidak ada perbuatan yang mencederai perkataannya, begitu pun sebaliknya, tidak ada perkataan yang mencederai perbuatannya. Pemimpin berintegritas akan memperlihatkan sosok dirinya yang apa adanya, jujur, bertanggung jawab, dan dapat dipercaya. Jika kualitas ini tidak ada pada sosok seorang pemimpin, maka akan sulit bagi siapa pun untuk menaruh kepercayaan padanya dan mengikuti arahan yang diberikan.

Pemimpin yang berintegritas akan menunjukkan sikap tulus dan konsisten, memiliki keyakinan dan karakter yang kuat, dan seseorang yang akan berjuang hingga akhir. Sikap pemimpin seperti ini yang dapat mendorong tercapainya cita-cita bersama.

Pemilu 2024, Pilih Pemimpin Berintegritas

Pemilu merupakan sarana bagi rakyat untuk memilih pemimpinnya sesuai dengan asas yang berlaku. Pemilu juga merupakan salah satu sarana perwujudan kedaulatan rakyat. Oleh karena itu, sebagai pemegang kedaulatan tertinggi bangsa, kita harus menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam memilih sosok pemimpin bangsa, sosok yang memiliki integritas untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih dan dapat melayani seluruh lapisan masyarakat.

Siap Menjadi Ahli Politik!

Di tengah berkembangnya kontestasi politik menuju Pemilu 2024, ini adalah saat yang tepat bagi kamu yang memiliki minat pada bidang politik untuk mempelajari proses terciptanya pesan politik yang kuat dan tata cara menyampaikannya dengan efektif melalui kelas Mini MBA Political Marketing. Pada kelas ini, kamu akan mempelajari perilaku pemegang suara, opini yang berkembang di masyarakat, dan pengukuran lengkap dengan perangkat digital. Hasil kolaborasi Kuncie, SBM ITB, dan LSI ini merupakan program political marketing pertama dan satu-satunya di Indonesia yang mengakomodasi kebutuhan dalam pemasaran politik. Ingin menyusun strategi pemasaran politik yang komprehensif dan tepat sasaran? Daftar di sini, ya!

https://study.com/academy/lesson/what-is-integrity-definition-examples.html
https://entrepreneurship.babson.edu/why-is-integrity-important-in-leadership/#:~:text=Leaders%20who%20demonstrate%20integrity%20garner,a%20better%20world%20for%20all
https://www.thevectorimpact.com/why-integrity-is-important/

Artikel Terkait

Komentar