Gali Potensi Terbaik dengan Ikut Kelas Menulis Kaizen Writing!

April 29, 2023
Category: Creative
[sgmb id=2]

Apakah kamu merasa punya bakat menulis? Atau kamu ingin mengasah kemampuan menulis? Ini adalah artikel yang wajib kamu baca!

Jika kamu merasa ingin atau memiliki potensi menulis, kamu pasti ingin mengasahnya menjadi lebih baik. Menulis bukanlah kemampuan yang bisa dimiliki semua orang, tapi semua orang bisa menulis. Salah satu cara kamu bisa melatih kemampuan menulis adalah dengan mengikuti kelas menulis, seperti Kelas Menulis Kaizen Writing dari Kuncie.

Namun, sebelum kita mengulas lebih dalam hal tersebut, mari kita bahas aspek-aspek menulis dengan dalam! Simak di bawah ini!

Menulis: Bakat atau Keterampilan?

Sering terjadi perdebatan mengenai apakah menulis adalah bakat atau keterampilan. Beberapa orang menulis karena menulis merupakan bakat alami bagi mereka. Namun bagi yang lainnya, menulis adalah suatu kemampuan yang didapatkan melalui pembelajaran yang disengaja. Mari kita ulas kedua perspektif di bawah ini.

kelas menulis
Sumber: Shutterstock

1.    Menulis adalah Bakat

Banyak yang menganggap menulis adalah bakat. Hal ini dikarenakan menulis membutuhkan kreativitas yang tinggi, dan tidak semua orang memiliki kreativitas yang cukup untuk menulis. Bahkan, latihan, kelas, ataupun seminar seputar menulis tidak akan banyak membantu jika kamu tidak memiliki bakat menulis sejak awal.

2.    Menulis adalah Keterampilan yang Dipelajari

Di sisi lain, ada segolongan orang yang menganggap menulis adalah suatu kemampuan yang dipelajari, bukan bakat. Hal ini dikarenakan tidak ada seorangpun penulis yang lahir lalu langsung bisa menulis. Penulis yang baik melatih kemampuan mereka merangkai kata secara konsisten sehingga mendapatkan kemampuan menulis yang baik.

Hasil Tulisan yang Baik adalah Kombinasi Bakat dan Potensi

Melihat kedua perspektif di atas, dapat disimpulkan bahwa penulis yang bagus adalah penulis dengan bakat yang diasah secara rutin. Namun, untuk menjadi seorang penulis, kamu harus memiliki semangat dan konsistensi yang kuat. Jika kamu tidak suka menulis, tidak ada pelatihan yang akan membuat kamu suka menulis.

Jika kamu memiliki bakat menulis, kemampuan tersebut tidak akan cukup jika tidak diasah. Tanpa latihan dan pendedikasian waktu yang teratur, penulis terbaik pun tidak akan sehebat atau sepopuler itu. Komitmen mereka untuk terus menulis adalah salah satu akar kehebatan mereka dalam menulis.

Cara Mengembangkan Potensi Menulis

Potensi menulis dalam diri kamu mungkin sedang menunggu untuk diasah. Untuk itu, berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mengembangkan potensi menulis kamu!

1.    Amati Hal-hal di Sekitar kamu

Salah satu kunci tulisan yang baik adalah detail. Dengan banyak mengamati hal-hal di sekitar kamu, kamu akan memiliki bahan atau sudut pkamung tambahan untuk menulis.

2.    Bagikan Pendapat kamu

Salah satu tujuan terbaik untuk menulis adalah ketika kamu memiliki sesuatu yang ingin dituliskan atau dibagikan kepada pembaca. Maka dari itu, tuangkan sudut pandang atau pendapat kamu dalam bentuk tulisan.

3.    Prioritaskan Menulis

Ketika kamu memiliki jadwal yang padat, jangan lupakan menulis. Satu dua kalimat jauh lebih baik daripada tidak menulis sama sekali.

4.    Percaya Diri Akan Tulisan kamu

Tidak ada yang memulai menulis sebagai ahli. Maka dari itu, mulailah menulis.Misalnya menulis cerpen dan percaya bahwa tulisan kamu tidak seburuk yang kamu pikirkan.

5.    Manfaatkan Sumber Daya dengan Baik

Memanfaatkan sumber daya dengan tepat bisa meningkatkan kualitas tulisanmu. Cari sumber daya yang bisa kamu jadikan referensi untuk membiasakan diri dengan karya tulis. Misalnya, novel, naskah film, antologi puisi, dan banyak lainnya.

6.    Terima Kritik dengan Lapang Dada

Kritik adalah guru terbaik. Ketika menerima kritik, jangan berkecil hati. Manfaatkan semua feedback yang kamu terima dan gunakan untuk memperbaiki diri.

7.    Gunakan Waktu untuk Diri Sendiri

Memanfaatkan waktu untuk berefleksi dan evaluasi diri akan membantumu dalam menulis, terutama dalam aspek sudut pandang kepenulisan.

8.    Belajar dari yang Terbaik

Dengan belajar dari ahlinya, kamu bisa mendapatkan ilmu yang lebih berkualitas dan bisa diaplikasikan secara langsung ketika kamu menulis.  Salah satu cara kamu bisa melatih kemampuan menulis adalah dengan mengikuti kelas menulis, seperti Kelas Kaizen Writing dari Kuncie.

Ikut Kelas Kaizen Writing untuk Mengembangkan Potensi Menulis dalam Diri

Kaizen Writing adalah metode menulis di mana penulis melakukan perbaikan kecil yang dilakukan berkesinambungan. Metode menulis ini adalah prinsip yang dijalani, diyakini, dan diterapkan oleh Dee Lestari dalam menulis.

Bersama Kuncie, Dee Lestari membuka kelas penulisan dengan metode penulisan metode Kaizen Writing yang terbukti bekerja dan kerap ia terapkan dalam menulis.

Di kelas ini, Dee Lestari akan menunjukkan tahap-tahap yang ia lakukan ketika menulis, hal apa saja yang perlu dicermati ketika berproses, dan berbagai perbaikan yang bisa diterapkan agar kemampuan menulis kamu terus bertumbuh. Rangkaian kelas ini terdiri dari dari live-in class dan diskusi langsung bersama Dee Lestari sebagai mentor.

Dalam rangkaian kelas ini, kamu akan mendapatkan materi seputar:

  • Memahami Ide dan Peta Cerita
  • Sistem Kerja Penulisan yang Berhasil
  • Menumbuhkan Seni Bercerita
  • Riset dan Swasunting Profesional
  • Menerapkan Disiplin Kaizen

Kelas ini akan berjalan selama 1 minggu dan terbuka untuk siapapun, dengan level kemampuan menulis apapun. Jadi, jangan ragu mengambil langkah untuk mengasah kemampuan menulis kamu bersama salah satu penulis terbaik Indonesia!

Kembangkan Potensi Menulismu di Kelas Kaizen Writing Bersama Dee Lestari!

Yuk belajar menulis dengan Dee Lestari! Kelas Kaizen Writing Dee Lestari ini terbuka untuk umum, dan kali ini, Kuncie membuka pendaftaran untuk 2 batch kelas sekaligus! Simak detailnya di bawah ini!

  • Kelas Kaizen Writing batch 9

Penutupan Pendaftaran         : 30 Juli 2023

Periode Kelas                         : 31 Juli – 5 Agustus 2023

  • Kelas Kaizen Writing batch 10

Penutupan Pendaftaran         : 30 November 2023

Periode Kelas                         : 31 Oktober – 4 November 2023

Ayo asah kemampuan menulismu dengan daftar Kelas Kaizen Writing bersama Dee Lestari!

Referensi:

https://medium.com/blue-pen/is-writing-a-learned-skill-or-a-natural-talent-430e008f60c
https://osc.medcom.id/community/menulis-bakat-atau-potensi-1745
https://www.rswebsols.com/tutorials/misc/unleash-potential-writer

Artikel Terkait

Komentar